Sheraton Surabaya; Terima Sertifikat 5 Star Hotel Rating

Sheraton Surabaya; Terima Sertifikat 5 Star Hotel Rating

Surabaya, Kabarindo- Sheraton Surabaya Hotel & Towers menerima sertifikat 5 Star Hotel Rating dari lembaga sertifikasi usaha (LSU) MTM (Megah Tritunggal Mulia) sebagai auditor swasta independen pada Kamis (28/5/2015).

Latief Darmawan, auditor dari MTM, mengatakan pencapaian tersebut diraih setelah auditor MTM melakukan uji kelayakan untuk dua kategori audit yaitu mystery audit dan announce audit berdasarkan produk, pelayanan dan pengelolaan.

Ia menjelaskan, mystery audit dilakukan dengan cara auditor menjadi tamu dan menilai kualitas layanan hotel, sedangkan announce audit dilakukan oleh auditor dengan mencermati produk, pelayanan dan pengelolaan.

Selain itu, dilakukan penilaian terhadap kinerja karyawan hotel. Sesuai ketentuan, minimal 50% karyawan harus memiliki sertifikat kompetensi.

Kemudian dilakukan penilaian untuk menentukan skor sesuai klasifikasi hotel bintang. Untuk hotel bintang 5, skor minimal 936. Sheraton meraih skor 1.028 sehingga layak menerima sertifikat 5 Star Hotel Rating.

“Jika skor di bawah ketentuan minimal, kategori hotel bisa turun bintang,” ujar Latief.

Noviadi Suryadarma, Director of Operational Excellence Sheraton, bersyukur atas pencapaian tersebut. Ia mengatakan, kelayakan pelayanan hotel bintang 5 membutuhkan kerja keras dan kerja sama secara internal maupun eksternal yang sinergis.

“Operational excellence menjadi komitmen kami dengan memelihara fasilitas hotel dan melakukan training secara berkala terhadap karyawan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada tamu,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, General Manager Sheraton, Christoper Moore, menyampaikan keberhasilan Sheraton sebagai Juara 1 Booth Terbaik sesuai dengan tema Hobby & Leisure dalam Majapahit Travel Fair 2015 yang berlangsung di Grand City Mall baru-baru ini.

Indonesian Specialist Chef, Chef Yuli Hermono, mengatakan tim food & beverages Sheraton bekerja sama dengan tim banquet mendirikan booth bernuansa Jawa Timur dengan dekorasi daerah pesisir Situbondo serta menyajikan bermacam makanan dan minuman khas dari kota ini.

“Kami memberikan sentuhan artistik pada booth Sheraton dan mengusung aneka makanan khas Situbondo. Tak ketinggalan menampilkan tarian Situbondo yang dibawakan para penari berkonstum daerah tersebut,” ujarnya.

Chef Yuli menambahkan, banyak yang mencicipi dan menyukai kuliner khas Situbondo yang disajikan di booth Sheraton, diantaranya Nasi Bakar Bahari dan Es Buto Ijo.