Sheraton Surabaya; Gelar Thailand Food Festival

Sheraton Surabaya; Gelar Thailand Food Festival

Surabaya, Kabarindo- Hotel Sheraton Surabaya menggelar Thailand Food Festival selama 16 – 25 Mei di Kafe Bromo yang menyajikan masakan Thailand.

Menurut Humas Sheraton Surabaya, Etty Ariaty Soraya, hotelnya menyajikan masakan dari berbagai belahan dunia secara reguler. Kali ini disajikan masakan Thailand yang sudah cukup dikenal masyarakat Indonesia.

“Kami optimistis, masakan Thailand akan disukai karena cocok dengan lidah orang Indonesia dan sudah banyak yang menikmatinya. Tamu bisa menyantapnya saat makan siang ataupun malam,” ujarnya pada pembukaan festival, Rabu (16/5).

Acara ini dihadiri Konsul Kehormatan Royal Thai Consulate untuk Jatim, Onny Asri Miryam. Ia mengatakan, event tersebut bisa menjadi salah satu cara mempererat hubungan Jatim – Thailand.

“Sebelum pergi ke Thailand, silakan mencicipi dulu masakan negara itu di sini,” ujarnya.

Menurut Onny, pihaknya ingin memperkenalkan kuliner Thailand kepada masyarakat Surabaya yang belum mengenalnya.

“Selama ini masakan Thailand sudah cukup dikenal masyarakat dan banyak disukai karena cocok dengan lidah kita misalnya Tom Yum. Tapi masih banyak menu – menu lain yang tak kalah lezat,” ujarnya.

Untuk menyajikan masakan dengan cita rasa asli Thailand, Sheraton mendatangkan dua chef perempuan khusus dari Bangkok yaitu Chef Orawan Wannadilok dan Chef Charoensri Vatanayut.

Menurut Charoensri, masakan Thailand memiliki banyak kesamaan dengan masakan Indonesia umumnya. Tampaknya karena satu rumpun. Masakan kedua negara ini kaya bumbu. Bedanya, masakan Thailand menggunakan daun ketumbar dengan rasa yang kuat.

Kuliner Thailand juga tak seberagam kuliner Indonesia yang terbagi menurut daerah masing – masing. Ada masakan Jawa, Sunda, Bali, Padang, Manado dan lain – lainnya.

Selama event, kedua chef terseban mengolah aneka menu Thailand diantaranya Kiang Kiew Wan Gai (ayam masak kare hijau), Pad Thai (mie goreng dengan udang, kecambah dan kacang), Yum Woon Sen (salada soun pedas dengan daging dan udang).

Tak ketinggalan menu Tom Yum Goong yang sudah akrab dengan lidah kita yaitu sup dengan rasa rame mulai asam, asin, pedas dan gurih. Bahannya antara lain daging ayam, jamur dan seafood. Yummy.