Sharp; Raih 6 Kategori Penghargaan Top Brand 2017

Sharp; Raih 6 Kategori Penghargaan Top Brand 2017

Surabaya, Kabarindo- PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) meraih 6 kategori produk dalam penghargaan Top Brand Awards 2017 untuk lemari es, mesin cuci, TV CRT, TV LED, AC dan AUDIO serta 1 kategori produk dalam penghargaan Net Promoter Customer Loyalty Awards 2017 untuk produk lemari es.
 
Fumihiro Irie, President Director PT Sharp Electronics Indonesia, berterima kasih atas kepercayaan dan dukungan konsumen setia selama 47 tahun keberadaannya di Indonesia. Pihaknya berjanji akan terus meningkatkan kualitas produk dan melakukan inovasi baru pada setiap produk.
 
Keberhasilan Sharp meraih Top Brand didukung dengan keunggulan produknya yang memiliki fitur local fit dan mengedepankan konsep one-of-a kind technology. Hal ini tidak lepas dari Sharp DNA  yang diciptakan oleh pendiri SHARP, Tokuji Hayakawa, yang menjadi dasar penciptaan produk-produk Sharp.
 
“Dalam menciptakan produk, PT SEID selalu melakukan penelitian dan mendengarkan keinginan konsumen terhadap produk-produk elektronik yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan pasar. Hal ini selaras dengan peningkatan pelayanan purna jualnya guna memberikan rasa aman dan nyaman saat menggunakan produk SHARP,” ujar Fumihiro Irie pada Senin (27/2/2017).
 
Survey Top Brand adalah survei terpanjang bahkan terlama di dunia. Survey Top Brand sudah dimulai sejak tahun 1999  dan mampu melihat pergerakan merek-merek di Indonesia, bahkan memprediksi pergerakan merek pada masa mendatang dengan mengamati kinerja merek-merek dari tahun ke tahun.
 
Top Brand Award diberikan oleh Majalah Marketing berdasarkan hasil riset nasional oleh Frontier Consulting Group di 15 kota yaitu Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Malang, Medan, Makassar, Pekanbaru, Samarinda, Banjarmasin, Manado, Denpasar  dan Balikpapan yang melibatkan 12.400 responden.
 
Ada 3 parameter yang digunakan dalam survei untuk menghitung Top Brand Index (TBI)  yaitu Top of Mind Awareness, Last Used dan Future Intention.  Top of Mind Awareness adalah merek yang menempati urutan pertama di benak konsumen dan berhasil disebutkan pertama kali. Last Used didasarkan atas merek yang terakhir kali digunakan/dikonsumsi oleh responden dalam satu re-purchase cycle.  Sedangkan Future Intention berdasarkan merek yang ingin digunakan/dikonsumsi pada masa mendatang.
 
Nilai tiap-tiap parameter untuk sebuah merek di dalam kategori produk tertentu diperoleh dengan cara menghitung persentase frekuensi merek tersebut relatif terhadap frekuensi keseluruhan merek. TBI selanjutnya diperoleh dengan cara menghitung rata-rata bobot setiap parameter.
 
Sedangkan Net Promotor Customer Loyalty Award menggunakan metodologi penilaian riset NPS (Net Promoter Score) sebagai metode pengukuran dari skor loyalitas pelanggan yang diukur dengan meminta pelanggan untuk merekomendasikan brand kepada orang lain.