Sharp; Perbesar Pangsa Pasar Di Indonesia

Sharp; Perbesar Pangsa Pasar Di Indonesia

Surabaya, Kabarindo- PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) telah merancang sejumlah strategi penjualan dan pemasaran pada 2015 guna memperbesar pangsa pasar di Indonesia untuk seluruh kategori produknya.
 
SEID akan mengembangkan bisnisnya di Indonesia melalui beragam kegiatan penjualan dengan mengangkat konsep Jepang secara berkala.
 
“Kami memiliki sejumlah kegiatan penjualan bernama Goten, Koten dan Matsuri Festival. Selain memamerkan sejumlah produk unggulan Sharp dan mempromosikannya, kegiatan ini juga menjadi salah satu momen untuk memperkokoh brand engagement dengan konsumen, karena mereka akan mendapatkan pengalaman berbelanja yang menyenangkan melalui nuansa Jepang serta berbagai promo menarik,” ujar Andry Ady Utomo, General Manager of National & Sales SEID pada Senin (22/6/2015).
 
SEID akan memperkuat aktivitas branding di antaranya dengan lebih banyak memanfaatkan warna merah dan putih sebagai warna kunci untuk display produk di toko sehingga tampil menyolok. Juga terus menggandeng Doraemon sebagai tokoh kartun Jepang yang disukai masyarakat Indonesia untuk kampanye LOVE.LIFE di berbagai iklan dan materi promosi.
 
Untuk mendukung berbagai strategi bisnis tersebut, akan diluncurkan.sejumlah produk baru pada tahun ini. SEID akan memperluas rangkaian produk fast-moving untuk kelas menengah-bawah, seperti LED TV 24 dan 32 inch, freezer dan lemari es satu pintu yang ekonomis, mesin cuci dua tabung standard dengan kapasitas 8,5 kilogram, mesin cuci full-auto standard serta air cooler dengan beragam kapasitas tangki air.
 
Herdiana Anita Pisceria, General Manager of Product Planning Division SEID, memaparkan untuk segmen kelas menengah-atas, SEID akan mengembangkan berbagai produk bernilai tambah, diantaranya AC berdaya listrik rendah (low watt) yang ramah lingkungan (non-Plasmacluster), lemari es J-Tech Inverter dengan kapasitas yang lebih besar, penjernih udara (air purifier) dengan beragam luas jangkauan serta dispenser bottom loading yang low watt dengan beragam fitur tambahan demi kenyamanan konsumen.
 
SEID juga memperkuat produk berteknologi tinggi untuk menyasar segmen high-end dan business-to-business (B2B) dengan merilis model-model baru untuk Interactive White Board (IWB) and Information Display Panel (IDP) dalam berbagai ukuran dan spesifikasi untuk memenuhi kebutuhan bisnis.
 
Fumihiro Irie, President Director SEID, menyebutkan pada 2015-2016, pihaknya menargetkan penjualan total mencapai 115% dibandingkan pada tahun lalu, dengan rincian penjualan lemari es 1,5 juta unit, mesin cuci 1 juta unit, AC 1 juta unit dan panel TV1 juta unit. Ia optimis, angka ini bisa tercapai sehingga penjualan produk AC Sharp di Indonesia akan menyusul prestasi dua kategori sebelumnya yang telah mengungguli Jepang.
 
Fumihiro mengatakan, penjualan LCD TV Sharp masih kalah jauh dengan Jepang. Namun dengan pengembangan pasar LCD TV yang cepat di Indonesia dan pemantapan kapasitas produksi pabrik di Karawang, ia optimis bisa mengejar Jepang dalam beberapa tahun.
 
Fumihiro menambahkan, SEID akan mampu mempertahankan pangsa pasar nomor satu di Indonesia untuk produk lemari es, mesin cuci dan AC, sekaligus merebut peringkat satu untuk kategori panel TV.
 
“Kami bersemangat bahwa Indonesia kini sudah menjadi saingan terbesar Jepang dalam hal penjualan produk Sharp. Indonesia juga berperan penting di wilayah ASEAN dengan kontribusi sebesar 50% untuk volume bisnis Sharp di kawasan ASEAN,” ujarnya.