Sharp; Borong Empat Kategori di Indonesia Green Awards 2015

Sharp; Borong Empat Kategori di Indonesia Green Awards 2015

Surabaya, Kabarindo- PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) menyadari pentingnya hubungan timbal balik dengan alam demi keseimbangan ekosistem.
 
Untuk itu, SEID berupaya keras menjaga kelestarian lingkungan dimana perusahaan ini beroperasi. Atas komitmennya terhadap lingkungan ini, SEID kembali dianugerahi Indonesia Green Awards (IGA) 2015.
 
Pada tahun ini, SEID memboyong empat kategori di IGA 2015, yaitu kategori Pelopor Pencegahan Polusi, Pengembangan Energi Baru dan Terbarukan, Pengembangan Keanekaragaman Hayati dan Pengembangan Pengolahan Sampah Terpadu.
 
“Prestasi ini akan menjadi pendorong semangat kami untuk terus berkontribusi kepada lingkungan, menjadi yang terdepan dalam upaya pencegahan polusi, secara agresif melakukan pengembangan energi baru dan terbarukan, keanekaragaman hayati, pengolahan sampah terpadu, serta yang tak kalah penting adalah menyebarluaskan spirit mencintai bumi kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia,” ujar Haruhiko Sano, General Manager Divisi Brand Strategy Group SEID, usai menerima penghargaan di Jakarta pada Kamis (4/6/2015).
 
Penghargaan-penghargaan tersebut diraih SEID berkat kepeduliannya terhadap perlindungan lingkungan yang diwujudkan melalui beragam aktivitas operasional usahanya di dua pabrik Sharp di Pulogadung (Jakarta) dan Karawang (Jawa Barat). Di kedua pabrik ini, Sharp telah menggalakkan konsep Super Green Factory.
 
SEID membawa pulang satu penghargaan di kategori Pelopor Pencegahan Polusi berkat upaya berkalanya dalam melakukan kegiatan pengukuran terhadap emisi yang dikeluarkan oleh cerobong-cerobong proses, genset, maupun emisi kendaraan yang digunakan dalam kegiatan operasional. Utuk meminimalisir cemaran, Sharp mengganti timah yang digunakan pada proses solder produksi televisi dengan timah yang bebas timbal. Terkait dengan penurunan emisi, Sharp Corporation selaku induk Sharp Indonesia memasang target ketat kepada setiap anak perusahaannya di seluruh dunia agar dapat menurunkan jumlah rasio emisi CO2 dibandingkan dengan unit produk yang dihasilkan, yaitu minimal 2% dari basic year (data satu tahun yang digunakan sebagai pembanding). Tujuannya mengurangi dampak terhadap pencemaran lingkungan dan efek rumah kaca. Kebijakan ini menghasilkan dampak positif yang dapat dilihat pada data pemakaian energi dan emisi yang terus dimonitor secara reguler oleh tim Sharp Indonesia dan Sharp Corporation untuk perbaikan yang maksimal.
 
Di kategori Pengembangan Keanekaragaman Hayati, Sharp mengantongi penghargaan berkat Mini Forest yang dibangun SEID di area pabrik di Karawang. Di area seluas 15.067 m2 ini, SEID menanam dan terus menambah koleksi hutan mini dengan beragam jenis pohon langka, seperti Keben, Kenari Babi, Sempur, Buni, Bisbul, Dahu, Mahoni, Anyang-anyang, Ganitri, Merbau, Kopsia, Kantil, juga Matoa. Melalui Mini Forest, diharapkan dapat menekan pembuangan gas CO2 ke udara dan menjadi area edukasi bagi karyawan maupun pengunjung pabrik akan kekayaan hayati Indonesia, menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan hijau, menyerap CO2 dari aktivitas pabrik serta memasok oksigen bagi masyarakat sekitar.
 
Indonesia Green Awards (IGA) 2015 merupakan program yang diinisiasi oleh The La Tofi School of CSR yang didukung oleh Kementerian Kehutanan dan Kementerian Perindustrian, didedikasikan kepada para pihak yang telah melakukan upaya luar biasa melalui berbagai program untuk menyelamatkan bumi.