Shangri-La Surabaya: Punya Kue Bulan Aneka Rasa

Shangri-La Surabaya: Punya Kue Bulan Aneka Rasa

Surabaya, Kabarindo- Setiap hari ke-15 pada bulan ke-8 dalam kalender Cina, diperingati sebagai Festival Kue Bulan (Mooncake) yang dirayakan oleh warga keturunan Cina di seluruh dunia.

Pada 2013 ini Festival Kue Bulan jatuh pada 19 September. Momen ini dinantikan oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia yang masih menjalankan tradisi tersebut. Pada hari tersebut, bulan purnama utuh akan muncul dan Dewi Bulan diyakini menampakkan dirinya.

Meski berlangsung pada September, namun persiapan menyambut event tersebut sudah dimulai sejak Agustus. Persiapan ini umumnya dilakukan oleh hotel – hotel yang memiliki resto Cina dengan menawarkan kue bulan yang dikemas dalam kotak cantik warna merah yang diidentikkan sebagai warna kebesaran bangsa Cina.

Hotel Shangri-La di Surabaya tak ketinggalan menyambut event tersebut dengan menawarkan kue bulan dalam 9 rasa dengan maupun tanpa isian telur asin. Aneka kue bulan ini hasil kreasi Chef  Wong Kiat Hong bersama timnya.

Ada 3 jenis paket yang ditawarkan yaitu Classic, Superior dan Prestige. Classic terdiri dari 4 kue masing - masing seberat 150 gram, Superior berisi 8 kue masing - masing seberat 60 gram dan Prestige dengan 8 kue masing - masing berukuran 150 gram.

Juliawati Sadeli, Communications Manager Shangri-La Surabaya, mengatakan hotelnya memberikan diskon 25% untuk setiap pembelian semua jenis kue bulan selama 10 – 31 Agustus dan potongan harga spesial untuk pembelian minimal 10 kotak selama 1-30 September.

Setiap paket dikemas dalam kotak yang cantik, cocok sebagai hantaran. Menurut Julia, sapaan Juliawati, banyak orang yang memesan kue bulan untuk dinikmati bersama keluarga maupun diberikan kepada kerabat dan sahabat. Banyak pula perusahaan yang memesan untuk dikirimkan kepada kolega ataupun klien.

Pembeli bisa memilih satu dari 9 cita rasa kue bulan yang diinginkan yaitu White Lotus Paste, Red Lotus, Tausa, Green Tea, Pandan, Golden Corn, Red Bean, Coconut, Cranberry dan Snowskin Dragon Fruit.
Kesembilan rasa ini dapat dinikmati dengan atau tanpa isi kuning telur bebek. Telur bebek dianggap sebagai lambang dari bulan dan memberikan rasa gurih. Pembeli boleh meminta bermacam rasa dalam satu paket. Namun untuk paket Snowskin, hanya terdiri dari satu rasa ini.

Menurut Julia, kue bulan White Lotus menjadi favorit yang banyak dipesan karena rasanya klasik. Namun Snowskin juga disukai karena merupakan jenis baru dan rasanya beda. Kue bulan ini kreasi baru Chef Wong.

Jika jenis – jenis kue bulan lainnya berwarna coklat, bagian luar Snowskin berwarna merah muda. Ini karena pembuatan Snowskin beda dengan jenis – jenis lainnya yang dipanggang. Sedangkan untuk Snowskin, setelah dicetak kemudian dimaksukkan ke dalam chiller.

Kulit Snowskin terbuat dari tepung kofun dan icing sugar, sedangkan salah satu bahan bagian dalamnya adalah buah naga yang memiliki cita rasa lezat dan lembut. Snowskin bisa dikonsumi hingga 2 minggu jika disimpan di chiller, namun sebaiknya hingga 3 hari saja agar cita rasanya tetap nikmat dan adem.

“Snowskin memang lebih enak jika dinikmati dalam keadaan dingin. Rasanya nyes dan lembut,” ujar Chef Wong.