Sembako Ramadhan; Ajak Masyarakat Berdonasi Untuk keluarga Miskin

Sembako Ramadhan; Ajak Masyarakat Berdonasi Untuk keluarga Miskin

Surabaya, Kabarindo- Program amal Sembako Ramadhan mengajak masyarakat, khususnya para perokok, untuk mendonasikan uang rokok mereka selama Ramadhan guna dibelikan kebutuhan pokok bagi keluarga miskin.
 
Ini adalah tahun keempat Sembako Ramadhan diselenggarakan. Tahun ini, Sembako Ramadhan memfokuskan kegiatan di Jakarta sebagai ‘Jakarta’s city campaign’ dengan membagikan paket sembako kepada keluarga miskin senilai Rp. 100.000.
 
Menurut Sekar Sosronegoro, penggagas program ini, dengan dukungan banyak pihak, total perolehan donasi Sembako Ramadhan terus meningkat dari tahun ke tahun.
 
Ia menyebutkan, pada 2011, total donasi Rp. 13.280.000, naik menjadi Rp. 29.900.000 pada 2012. Pada 2013, perolehan donasi naik hampir 300% menjadi Rp. 86.400.000.
 
“Meningkatnya donasi yang terkumpul berarti bertambah banyak keluarga miskin yang terbantu,” ujar Sekar pada Rabu (2/7/2014).
 
Ia merinci, paket sembako terdiri dari 5 liter beras, 1⁄2 liter minyak goreng dan 1⁄2 kilogram gula telah diberikan kepada 332 keluarga miskin pada 2011. Kemudian pada 2012 diberikan kepada 640 keluarga dan kepada lebih dari 1.700 keluarga pada 2013.
 
Dengan naiknya harga bahan pokok dan untuk memberikan bantuan yang lebih bermanfaat, nilai paket donasi untuk setiap keluarga dinaikkan menjadi Rp. 100 ribu tahun ini. Paket ini terdiri dari 5 kg beras, ½ liter minyak goreng, ½ kg gula pasir, susu, garam, kecap dan teh.
 
Sekar mengatakan, Sembako Ramadhan terbuka untuk masyarakat umum, baik perokok maupun bukan. Masyarakat bisa memberikan donasi dengan mengakses www.sembakoramadhan.com, juga menyalurkan di 46 titik di Jakarta hingga 19 Juli, diantaranya melalui The Body Shop. Paket donasi akan didistribusikan pada 24-25 Juli.
 
“The Body Shop mendukung gagasan Sembako Ramadhan karena membantu masyarakat kurang mampu. Program ini juga sejalan dengan kampanye The Body Shop yaitu ‘Beauty of Giving’ dan sesuai dengan semangat kami Volunteering is our DNA,” ujar Rika Anggraini, Group Head of Corporate Communications The Body Shop Indonesia.
 
Selain berdonasi, kata Sekar, masyakarat juga dapat menjadi relawan Sembako Ramadhan, diantaranya ikut mempromosikan program ini di media sosial, melakukan survei area miskin dan mendistribusikan sembako ke area-area yang membutuhkan.