Sekolah Partai (PDIP) Angkatan Kedua; Diresmikan Megawati Soekarno Putri

Sekolah Partai (PDIP) Angkatan Kedua; Diresmikan Megawati Soekarno Putri

Cimanggis, Depok, Kabarindo- Sebagai wujud komitmen sebuah organisasi partai dalam meningkatkan kepercayaan kepada masyarakat dan rasa tanggung jawab untuk membangun negara yang adil dan makmur, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) hadir untuk menjalankan peran fundamental partai politik di Indonesia.

Setelah sukses menyelenggarakan sekolah partai angkatan pertama pada tanggal 28 Juni - 3 Juli 2015 lalu, yang telah membekali para bakal calon kepala  daerah untuk bisa menjadi pemimpin terbaik yang dipilih oleh rakyat, PDI Perjuangan kembali membuka angkatan kedua sekolah  partai Calon Kepala Daerah yang diselenggarakan mulai hari ini tanggal 21Juli 2015 hingga 3 hari kedepan.

Penyelenggaraan sekolah partai angkatan kedua ini, merupakan hasil penyempurnaan kurikulum yang sebelumnya (angkatan pertama), kata Hasto Kristiyanto, Sekretaris Jenderal PDIP pada sambutannya dihadapan para peserta calon sekolah partai di Wisma Kinanti, Depok, Jawa Barat.

Sesuai dengan tujuan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang selalu mengedepankan kepentingan rakyat, dan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi bangsa dan rakyat Indonesia, "Megawati Soekarno Putri sebagai Ketua Umum mengatakan bahwa setiap kadernya berhak untuk menjadi pemimpin rakyat di daerahnya masing-masing, dimana mereka nantinya menjadi petugas partai, yang akan mengawal program-program Nawacita pemerintahan saat ini yang dipimpin oleh Presiden Joko  Widodo dan memperjuangkan aspirasi kepentingan rakyat dan bangsa Indonesia seutuhnya", tutur Megawati Soekarno Putri.

"Saya sebagai Ketua Umum Partai, yang mana merupakan tugas saya untuk memberikan seruan kepada semua kader partai yang mengikuti sekolah partai untuk menjadi calon kepala daerah yang mampu, dan tetap mawas diri, rendah hati serta memiliki komitmen tinggi untuk selalu membela kepentingan rakyat, dan saya wajib untuk mengingatkan akan perlunya kita memahami peran dan fungsi kita sebagai kader teladan ", ujar Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada sambutan dan ceramahnya di sekolah partai.

Dalam banyak referensi juga disebutkan bahwa sebagai partai politik hendaknya mempunyai peran fungsional, diantaranya mewakili ekspresi politik dan membangun kompetisi kepemiluan, menyampaikan sosialisasi politik dan mempersiapkan pemilihan kepemimpinan serta tata kelola.

Dan PDIP sebagai partai politik telah melaksanakan peran dan fungsinya sesuai dengan rel yang telah dibangun diatas 'akal sehat' demokrasi. Dan sekolah partai yang diselenggarakan PDIP ini sebagai bukti nyata, dimana sekolah partai ini juga menjadi penanda kesiapan PDI Perjuangan untuk mempersiapkan dan mengikuti pilkada serentak yang diselenggarakan oleh negara.
Dengan mengikuti sekolah partai ini berarti para calon kepala daerah yang akan maju ke pilkada serentak telah menyatakan komitmennya dan siap untuk benar-benar bekerja keras untuk menang, "Para calon kepala daerah dilarang keras menjadikan PDI Perjuangan hanya sebagai kendaraan politik semata" tegas Megawati di hadapan para calon kepala daerah.
Perlu diketahui pula bahwa PDI Perjuangan sebagai partai politik adalah merupakan organisasi partai yang pertama berinisiatif dan melaksanakan sekolah partai, dan ini menjadi tradisi baru di dunia politik di Indonesia.

Dengan demikian, melalui sekolah partai ini setidaknya ada tiga hal penting yang akan didapat yaitu; pertama, menguatkan calon kepala daerah untuk mampu merumuskan visi, misi serta tawaran kebijakan yang pro rakyat dengan mengacu pada ideologi partai; kedua, memberikan penguatan kapasitascpara personal calon kepala daerah dari sisi kompetensi dan integritas dalam mempersiapkan diri sebagai pengelola pemerintahan dan ketiga, membangun konsolidasi partai dan mesin partai dalam menghadapi pilkada, ungkap Komarudin Watubun sebagai Kepala sekolah partai pada kesempatan terakhirnya.