Sedapnya Nasi Timbel Ayam; Di Santika Gubeng Surabaya

Sedapnya Nasi Timbel Ayam; Di Santika Gubeng Surabaya

Surabaya, Kabarindo- Pada musim kemarau ini, menu apa yang enak disantap dalam benak anda? Tentunya yang sedap sekaligus segar.

Salah satu pilihannya adalah Nasi Timbel Ayam dengan sayur asem yang segar kreasi Executive Chef Aprianto yang ditawarkan Santika Premiere Gubeng Surabaya hingga akhir Oktober, karena hotel ini mengganti sajian promonya secara periodik agar tamu tak bosan.

Humas Santika Premiere Gubeng Surabaya, Intan Manullang, mengatakan pihaknya menyajikan Nasi Timbel Ayam, karena merupakan salah satu menu Nusantara dan banyak disukai tamu dari berbagai daerah.

“Hotel kami dikenal dengan hidangan Nusantara. Setiap bulan kami menyajikan menu-menu daerah secara bergantian. Nasi Timbel berasal dari Jawa Barat yang sudah populer dan banyak disukai,” ujarnya pada Senin (26/10/2015).

Bahan untuk menu tersebut mudah diperoleh di pasar tradisional dan cara membuatnya mudah. Bumbunya adalah tomat, asam Jawa, lengkuas, sereh dikeprak, daun jeruk, daun salam dan penyedap rasa.

Lalapannya selada serta irisan tomat dan mentimun. Pendamping nasi timbel adalah sayur asem yang segar, terbuat dari kacang panjang, kubis, kacang tanah, daun so dan timun krai dengan bumbu merah.

Cara mengolah menu tersebut mudah. Nasi putih dibumbui dengan potongan sereh, daun jeruk, garam, penyedap dan gula secukupnya. Taburkan bawang goreng di atas nasi lalu bungkus dengan daun pisang sehingga beraroma harum daun pisang.

Membuat sayur asem juga mudah yang bisa dilakukan semua orang. Panaskan air kaldu daging sapi lalu masukkan bumbu merah dan sayuran. Tunggu hingga mendidih. Aroma sayur asem bakal mengundang selera.

Untuk lauknya adalah paha ayam kampung yang digoreng hingga kuning kecoklatan, tahu dan tempe serta ikan asin jambal roti. Rebus tahu dan tempe hingga empuk dengan bumbu kuning atau bacem sesuai selera. Angkat dan tiriskan.

Nasi Timbel Ayam pas jika disantap dengan sayur asem yang segar dan sambal terasi. Hmm...sedap. Menu ini juga menyehatkan karena memenuhi syarat empat sehat yaitu nasi, lauk, sayuran dan buah (tomat).

Untuk minuman pendamping, silakan pilih menurut keinginan. Bisa es teh yang simple dan menyegarkan atau jus yang menyehatkan.