Sambut Hari Lansia Internasional 2016, Mensos RI Beri Sejumlah Penghargaan

Sambut Hari Lansia Internasional 2016, Mensos RI Beri Sejumlah Penghargaan

Gatot Subroto, Jakarta, Kabarindo- Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa.

Ia memberikan penghargaan kepada sejumlah pihak pada acara Penganugerahan Penghargaan Menteri Sosial RI Terkait Upaya Kesejahteraan Sosial Usia Lanjut yang digelar di Hotel Bidakara, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, awal pekan ini.

Adapun penghargaan tersebut diberikan dengan beberapa katagori yakni kepada individu pejabat negara, individu masyarakat, keluarga, kelompok, lembaga kesejahteraan sosial (LKS).

Untuk katagori pejabat negara, penghargaan diberikan kepada kalangan pejabat/pemimpin pemerintah daerah di Indonesia diantaranya kepada Gubernur Daerah Istimewa (DI) Aceh Zaini Abdullah, Gubernur Banten Rano Karno, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, dan Bupati Karanganyar Juliyatmono.

Dan untuk kategori individu masyarakat, penghargaan diberikan kepada Sutinah (Sulawesi Tenggara), Abdul Satar (Jambi), dan Mulyaningsih (Sumatera Selatan).

Sementara untuk kategori keluarga, penghargaan diberikan kepada Apriana M F Patti Kawandun (NTT) dan Moh. Syifa.

Selanjutnya, untuk kategori kelompok diberikan kepada Lumintu pimpinan Slamet Riyadi (Banten) dan Karang Werdha Yudistira (Jawa Timur). Dan Kategori LKS diserahkan kepada Yayasan Hargo Dadali (Jawa Timur), Yayasan Al Aziz (Sulawesi Tenggara) dan Yayasan Panti Jompo Al Huda Syuhada Cot Plieng (DI Aceh).

"Pemberian penghargaan ini bertujuan untuk menghargai jasa mereka dalam peningkatan kesejahteraan sosial lanjut usia," kata Mensos saat memberikan sambutan dalam rangka ikut memperingati Hari Lansia Internasional  2016.

Selain itu, lanjut Khofifah, pemberian penghargaan ini juga untuk memotivasi masyarakat dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam upaya peningkatan  kesejahteraan sosial lansia, meningkatkan jangkauan dan kualitas pelayanan sosial lansia. Hal tersebut, juga untuk menumbuh kembangkan sikap keteladanan seseorang, keluarga, kelompok, lembaga kesejahteraan sosial dan organisasi kemasyarakatan dalam upaya peningkatan kesejahteraan sosial lanjut usia.

Mensos mengajak semua pihak untuk meningkatkan layanan yang terbaik bagi lansia agar kualitas hidupnya lebih baik