SR IAIN Rekrut 118 Cata; Jadi Relawan Andalan

SR IAIN Rekrut 118 Cata; Jadi Relawan Andalan

Jakarta, Kabarindo- Korps Sukarela (KSR) PMI (Palang Merah Indonesia) Unit IAIN (institut Agama Islam Negeri) Walisongo Semarang menyelenggarakan peenerimaan anggota baru (PAB) KSR tahun 2013.

Sejumlah 118 calon anggota (cata) dari 161 pendaftar, mengikuti tahapan awal pendidikan dasar KSR pada 4-6 Oktober 2013 di Audit I Kampus I IAIN WS Semarang.

Komandan KSR IAIN WS, Badik Farida menjelaskana bahwa untuk menjadi anggota KSR, cata melalui 3 tahapan, yakni PAB, Diklat (pendidikan latihan) dan Diklap (pendidikan lapangan). PAB kali ini dengan membentuk generasi relawan yang berjiwa loyal, bersikap disiplin dan bersemangat korsa.

“Selama PAB ini, Cata diberikan pengetahuan tentang ke-PMI-an, ke-KSR-an, sejarah HHI, pertolongan pertama (PP),  PBB, Mountenering, Cata bersuara dan Siaga Bencana,” terang Farida.

Sebagian besar cata, yang didominasi putri ini, belum banyak mengenal KSR maupun PMI, sehingga PAB ini menjadi salah satu orientasi untuk memahami seluk beluk menjadi relawan. Nafi’atul Basyariyah, seorang cata dari  Fakultas Dakwah merasa tidak banyak tahu tentang KSR.

 “Awalnya memang membuat pusing dan melelahkan, akan tetapi pengalaman baru tentang kepalangmerahan, ke-KSR-an dan yang lainnya semakin membuat saya penasaran dan semangat untuk bisa di akui di KSR ini,” ungkapnya.

Itsna Rahma, Dansatgas (ketua panitia) PAB tahun 2013 mengatakan bahwa PAB kali ini agak unik dengan tambahan acara pentas seni kepalangmerahan oleh cata. Pentas seni ini diharapkan semakin mengembangkan kemampuan anggota KSR dalam mengemban tugas kemanusiaan nantinya.

Untuk itu Satgas/panitia juga menyiapkan penghargaan dengan nama PAB Award terdiri dari 5 nominasi. “Award diberikan dengan kategori cata teraktif, cata terheboh, kelompok pentas seni terbaik, kelompok outbound terbaik dan panitia terheboh,” pungkasnya.