SMK Expo 2012; Digelar di Jatinangor

SMK Expo 2012; Digelar di Jatinangor

Bandung, Kabarindo- Acara bertajuk SMK Expo 2012.

Di gelar sejak 17-20 Mei 2012, di Kampus Ikopin, Kawasan Pendidikan Tinggi Jatinangor, Bandung. Kegiatan ini mengambil momentum Hari Kebangkitan Nasional dan Hari Pendidikan Nasional. Rangkaian kegiatan SMK Expo, dibuka oleh Rektor Ikopin Burhanuddin Abdullah, Kamis, 17 Mei.

“Pameran diikuti oleh sekitar 70 SMK dari seluruh Indonesia yang menampilkan berbagai produk unggulan karya siswanya mulai dari teknologi dan rekayasa, teknologi komunikasi dan informasi, kesehatan, seni dan kerajinan, agrinisnis dan agroteknologi. Hasil karya seperti produk mobil, laptop, bahkan pesawat terbang di pamerkan di SMK Expo dan tidak sedikit SMK yang menampilkan produk tepat guna, seperti peralatan pertanian dan lain-lain,” ungkap Adji Gutomo, Ketua Panitia SMK Expo 2012.

“Selama ini, para siswa SMK cenderung hanya diarahkan untuk menjadi pekerja yang terampil dan memenuhi kebutuhan industri saja, padahal mereka juga mempunyai potensi besar untuk dikembangkan lebih jauh lagi menjadi  seorang wirausaha muda masa depan bangsa. Dengan berbagai produk yang berhasil diciptakannya, siswa SMK telah membuktikan diri sebagai remaja yang mempunyai keterampilan tingkat tinggi dan inovatif,” ujar Taufan Eko Nugroho Rotorasiko, Ketua Umum DPP KNPI.

Kegiatan pameran kali ini, diarahkan untuk memberikan nuansa baru dalam orientasi lulusan SMK, yaitu menjadikan mereka sebagai bibit wirausahawan. Karena itu, dalam rangkaian kegiatan ini diselenggarakan juga pelatihan kewirausahaan yang diikuti oleh siswa SMK peserta SMK Expo 2012 dan lokakarya yang diikuti oleh guru pendamping siswa SMK.

Data Direktorat Pembinaan Sekolah Kejuruan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menunjukkan saat ini di seluruh Indonesia terdapat 9.160 SMK yang terdiri dari 2.464 SMK Negeri dan 6.696 SMK Swasta. Dari jumlah tersebut, 335 SMK sudah menjalankan kurikulum bertaraf internasional (SMK BI), dan memiliki sertifikat ISO 9000.

“Seiring dengan komitmen Ikopin yang terus melakukan transformasi besar terhadap masalah-masalah kewirausahaan, SMK Expo bukan hanya menjadi ajang apresiasi yang tinggi terhadap produk siswa SMK yang luar biasa, tetapi juga sekaligus menjadi momentum untuk menebar semangat wirausaha di kalangan pelajar SMK. Bagi Ikopin, penyelenggaraan SMK Expo 2012 ini, merupakan salah satu langkah dalam memperluas upaya memperbanyak wirausahawan di tanah air,” ujar Buhanuddin Abdullah, mantan Gubernur Bank Indonesia yang kini menjadi Rektor Ikopin.

Terkait dengan upaya pengembangan wirausaha, saat ini Ikopin mempunyai program magang ke Jepang, bekerja sama dengan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Program ini sudah berjalan sejak 2009, melibatkan 200 peserta. Setelah mengikuti program di sejumlah perusahaan Jepang  selama 2 tahun, kembali ke Indonesia dengan dukungan modal dan pendampingan untuk membuka usaha, yang relevan dengan materi magang. Sebagian besar peserta magang, adalah lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).