SINGAPORE AIRLINES; Dukung Jakarta Marathon 2013

SINGAPORE AIRLINES; Dukung Jakarta Marathon 2013

Jakarta, Kabarindo- Singapore Airlines mensponsori penyelenggaraan Jakarta Marathon 2013 sebagai bentuk dukungan dan komitmen Singapore Airlines terhadap pertumbuhan dan perkembangan industri pariwisata Indonesia.

Jakarta Marathon 2013, yang akan diselengarakan pada hari Minggu, 27 Oktober 2013, merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Pemerintah Provinsi DKI-Jakarta dan didukung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Kegiatan ini diharapkan dapat menarik banyak penggemar olahraga untuk datang ke Jakarta.

Dalam kegiatan ini Singapore Airlines  mensponsori kedatangan para Elite Runner dari berbagai negara untuk berpartisipasi serta memberikan hadiah bagi para pemenang di kategori Full Marathon.

Para Elite Runner tersebut juga ikut hadir pada saat pembukaan pameran Product and Lifestyle Showcase yang diselenggarakan oleh Singapore Airlines, bertempat di St. Louis @LaModa, Plaza Indonesia Shopping Mall pada hari Jumat, 25 October 2013. Eksibisi tersebut akan berlangsung selama 3 hari yaitu dari tanggal 25 October – 27 October 2013.

“Seiring dengan perkembangan industri pariwisata Indonesia di mana pemerintah terus mendorong peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara melalui berbagai kegiatan, kami sangat senang dan bangga dapat memberikan dukungan kepada event Jakarta Marathon 2013 ini. Kami berharap dukungan ini dapat menambah semarak dan kesuksesan event olahraga tahunan ini sehingga mampu menarik lebih banyak lagi kunjungan wisatawan asing di tahun-tahun mendatang,” ujar David Lau, General Manager Indonesia (GMI) Singapore Airlines.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamen Parekraf) Dr. Sapta Nirwandar yang juga merupakan inisiator Jakarta Marathon mengatakan, “Jakarta sebagai Ibukota Negara harus mempunyai event yang berskala dunia yang dapat merefleksikan sebuah kota yang liveable dan mampu bersaing dengan kota – kota besar lainnya di dunia dengan menjadi tuan rumah kegiatan olahraga bertaraf global. Penyelenggaraan event marathon dapat menjadi media untuk meningkatkan citra Jakarta. Jakarta Marathon 2013 menjadi perhatian para pelari dunia. Hingga saat ini (16 Oktober 2013) sudah ada lebih dari 10.000 pelari yang mendaftar” kata Sapta Nirwandar selaku Ketua Panitia Jakarta Marathon.

Jakarta Marathon 2013 akan dimulai dan berakhir di Monumen Nasional (MONAS). Rute lomba untuk 42,195 km, akan menampilkan keunikan Jakarta, keindahan, keragaman dan landmark ikonik yang banyak. Sebuah suasana festival yang sangat menarik seru karena juga akan menampilkan  pertunjukan band-band terkenal seperti Slank, Coboy Junior, JKT 48 dan Cherrybelle serta serangkaian festival budaya dan kuliner  yang dinamai BregFastival.

Sebagai gambaran, komitmen Singapore Airlines dalam mendukung perkembangan pariwisata Indonesia telah berlangsung sejak tahun 1995 saat maskapai tersebut menjalin kerja sama dengan Kementerian Pariwisata untuk mempromosikan kegiatan-kegiatan pariwisata. Salah satunya adalah dengan mensponsori tiket pesawat bagi para jurnalis media internasional yang berasal dari berbagai negara seperti Belanda, Belgia, Jepang, Prancis, Jerman, Inggris, Swiss, Afrika Selatan, China dan lainnya maupun buyers untuk mengunjungi berbagai daerah wisata di Indonesia sehingga mereka dapat menyaksikan secara langsung keanekaragaman pertunjukan budaya di berbagai daerah dan mempromosikannya di negara masing-masing.

Pada tahun 2000, komitmen Singapore Airlines tersebut diwujudkan dalam suatu bentuk kerjasama dengan Departemen Budaya (Depbudpar) atau yang saat ini lebih dikenal dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia untuk mendukung program promosi kebudayaan dan pariwisata di Indonesia. Kerjasama tersebut berupa tiket pesawat, bagasi tambahan, kargo maupun layanan penerbangan lainnya agar mereka dapat mempromosikan kebudayaan dan pariwisata Indonesia kepada pasar-pasar potensial di luar negeri melalui jaringan global Singapore Airlines.