SBY Tiba Di Tanah Air; Pasca Perhelatan G-20

SBY Tiba Di Tanah Air; Pasca Perhelatan G-20

Jakarta, Kabarindo - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono dan rombongan tiba di Tanah Air seusai melakukan lawatan dari tiga negara. Salah satunya dalam rangka menghadiri pertemuan negara-negara G-20 di St Petersburg, Rusia.

Pesawat Garuda Airbus A330-300 yang membawa presiden dan rombongan mendarat dengan mulus sekitar pukul 08.20 WIB di Bandara Halim Perdanakusuma. Sebagaimana biasanya, Presiden SBY disambut Wakil Presiden Boediono dan Ibu Herawati Boediono, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu II.

Pertemuan G-20 berakhir pada Jumat petang (6/9) waktu setempat dan SBY meninggalkan Rusia melalui bandara internasional Pulkovo, St Petersburg sekitar pukul 10.30 pada Sabtu (7/9). Dari St Petersburg, Garuda terbang menuju Dubai selama 6 jam. Setelah istirahat dua jam di Dubai untuk mengisi bahan bakar, perjalanan dilanjutkan ke Jakarta. Penerbangan Dubai-Jakarta memakan waktu 8 jam 50 menit.

Sebelum meninggalkan pesawat, Presiden SBY mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah terlibat dan berkontribusi. "Kita sudah menjalankan tugas dengan baik, mengikuti pertemuan bilateral dan multilateral. Hasilnya pun positif bagi bangsa Indonesia," kata Presiden seperti dilansir dari laman beritasatu.

Presiden menyebutkan dua hal penting yang dibahas di G-20 Summit. Pertama, kondisi ekonomi dunia. Kedua, posisi Indonesia dalam ikut menjaga perdamaian dunia, khususnya menghadapi kasus Suriah.

Umumnya, kata SBY, rakyat Indonesia merasa pemerintahnya bisa berbuat apa saja untuk membawa aspirasi mereka. Dalam kasus Suriah, rakyat mengira Pemerintah Indonesia bisa mempengaruhi AS. "Tidak mudah. Tapi, kita akan melaksanakan kewajiban moral kita untuk ikut menjaga perdamaian dan keamanan dunia," kata Presiden.

Selain ke Rusia, Presiden juga berkunjung ke Kazakstan dan Polandia atas undangan pemerintah setempat untuk kunjungan kenegaraan. Di kedua negara itu, Presiden dan pemerintah membicarakan kerj asama ekonomi--khususnya investasi, perdagangan, dan turisme--, pendidikan, dan budaya. Di Kazakhstan, kedua negara juga meningkatkan kerja sama di bidang politik internasional, pemberantasan terorisme, narkoba, dan pencucian uang. Sedang di Polandia, kedua negara juga meningkatkan kerja sama di bidang industri dan militer.

Pertemuan para kepala negara anggota G-20 di St Petersburg merupakan pertemiuan kedelapan. G-20 Summit terakhir dilangsungkan di Los Cabos, Mexico, Juni 2012. Pertemuan G-20 tingkat kepala negara pertama kali diadakan di Washington DC, November 2008. Tahun depan, G-20 Summit diselenggarakan di Australia.

Pertemuan Group of Twenty awalnya hanya pada level para menteri keuangan dan gubernur untuk merespons krisis ekonomi 1998 dan mengantisipasi krisis pada masa akan datang. Pertemuan pertama para menteri ekonomi dan gubernur bank sentral dilangsungkan di Berlin, Jerman tahun 1999. Pertemuan G-20 level menteri terakhir diselenggarakan di Bali tahun 2012.