SBY; Siap Hadiri Puncak Peringatan Hari Guru Nasional

SBY; Siap Hadiri Puncak Peringatan Hari Guru Nasional

Jakarta, Kabarindo- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono sore nanti akan menghadiri puncak peringatan Hari Guru Nasional 2013 dan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-68.

Juru Bicara Kepresidenan Julian Pasha mengungkapkan, peringatan bertema “Mewujudkan Guru yang Kreatif dan Inspiratif dengan Menegakkan Kode Etik untuk Penguatan Implementasi Kurikulum 2013” akan dipusatkan di Istora Senayan, Jakarta, pada pukul 15.00 WIB.

“Presiden akan hadir dan bertemu dengan para guru dari berbagai daerah. Ini momentum yang baik untuk meningkatkan silaturahmi,” kata Julian di Jakarta, Rabu (27/11).

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh dalam pidato menyambut perayaan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-68 menyatakan tantangan dan persoalan yang dihadapi Indonesia saat ini makin berat, rumit, dan kompleks, terutama dalam rangka mempersiapkan Generasi 2045 – 100 tahun Indonesia merdeka dan kejayaan Indonesia.

Mencermati struktur penduduk Indonesia pada tahun 2010, katanya, terdapat 46 juta anak usia 0 sampai 9 tahun dan 44 juta anak usia 10 sampai 19 tahun.

Saat ini, kata Mendikbud, dalam mempersiapkan Generasi 2045, tidak ada pilihan lain selain memperkuat layanan, baik akses maupun kualitas pendidikan mulai dari pendidikan anak usia dini (PAUD), pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi.

Sebab, pada tahun 2045, anak-anak tersebut akan berusia 35-44 tahun dan 45- 55 tahun.

“Mereka lah yang akan memimpin dan mengelola bangsa dan negara yang kita cintai ini. Mereka harus memiliki kemampuan berpikir orde tinggi, kreatif, inovatif, berkepribadian mulia, dan cinta pada tanah air, serta bangga menjadi orang Indonesia, sebagaimana yang digagas dalam Kurikulum 2013,” kata Mendikbud seperti dilansir dari laman beritasatu.