SBY Ajak Jokowi; Siap Hadapi Pertemuan Global

SBY Ajak Jokowi; Siap Hadapi Pertemuan Global

Jakarta, Kabarindo-  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Ia mengatakan bisa mengerti kalau presiden terpilih Joko Widodo mempersiapkan diri lebih dini dengan membentuk tim transisi, karena segera setelah acara pelantikan, serangkaian tugas berat sudah menunggu.

Salah satunya, menurut SBY, adalah menghadiri pertemuan kepala negara tingkat regional dan global.

“Dengan asumsi Pak Jokowi nantinya akan menjadi presiden terpilih atau jika Mahkamah Konstitusi akhirnya mengukuhkan Pak Jokowi sebagai presiden terpilih, itu hak Pak Jokowi sebenarnya untuk mempersiapkan diri sebelum tanggal 20 Oktober mendatang (hari pelantikan),” kata presiden dalam video Isu Terkini yang diunggah di YouTube, Kamis (7/8) seperti dilansir dari laman beritasatu.

Pernyataan presiden ini menanggapi kontroversi seputar pembentukan tim transisi Jokowi yang mulai menyeleksi anggota kabinet ketika hasil pilpres masih disengketakan oleh kubu Prabowo Subianto ke MK.

“Kembali ke pikiran yang ada pada Pak Jokowi, saya bisa mengerti sebetulnya, karena setelah bertugas tentu akan langsung menjalankan tugas-tugas pemerintahan dan kenegaraan. Apalagi satu bulan setelah presiden terpilih nanti mengucapkan sumpahnya di hadapan MPR RI, maka akan segera mengikuti serangakaian pertemuan puncak tingkat internasional mulai dari KTT ASEAN, ASEAN Plus, East Asia Summit, kemudian APEC dan bahkan G-20,” kata SBY.

“Dan ingat selama ini peran Indonesia penting dan juga diakui oleh dunia. Jadi Oktober presiden baru kita mau menyampaikan sumpahnya, satu bulan kemudian haruss langsung terjun dalam kancah percaturan global. Oleh karena itulah dalam konteks itu saya paham bahwa perlu persiapan yang baik." seperti dilansir dari laman beritasatu.