SAP 2015; Perluas Pasar Ke Indonesia Timur

SAP 2015; Perluas Pasar Ke Indonesia Timur

Surabaya, Kabarindo- Perusahaan aplikasi perangkat lunak untuk korporat.

SAP Indonesia, memperluas pasar ke Indonesia timur dengan membuka kantor cabang di Surabaya.
Langkah ini juga dilakukan untuk memperkuat hubungan dengan mitra bisnis dan pelanggan yang terus meningkat jumlahnya.

Menurut Managing Director SAP Indonesia, Megawaty Khie, pertumbuhan bisnis di kawasan Indonesia timur, termasuk Jatim, meningkat pesat. Karena itu, pihaknya perlu membuka kantor cabang di Surabaya yang merupakan kantor kedua di Indonesia setelah Jakarta dan ke-61 di Asia Pasifik-Jepang.

''Pembukaan kantor cabang Surabaya ini didorong pertumbuhan bisnis di wilayah Indonesia Timur sekaligus ingin lebih dekat dengan mitra bisnis dan pelanggan SAP. Diharapkan, dengan kantor cabang Surabaya, kebutuhan pelanggan dan mitra bisa lebih cepat dipenuhi,” ujarnya pada Kamis (26/2/2015).

Megawaty mengatakan, dengan pembukaan kantor baru, SAP membentuk tim penjualan, layanan pelanggan, pemasaran dan operasional kemitraan untuk mendukung pelanggan dan mitra di Indonesia timur.

SAP beroperasi di Indonesia sejak 1997 dan memiliki lebih dari 1.000 pelanggan. Dari jumlah ini, sebanyak 79% adalah pelaku UKM atau Small Medium Enterprises (SMEs). Sedangkan 21% lainnya dari pelanggan non-SMEs seperti perusahaan migas, perbankan, consumer goods hingga perusahaan telekomunikasi.

Banyak perusahaan di Indonesia yang mengaplikasikan teknologi SAP untuk mendukung kegiatan bisnis mereka. Sekitar 70% perusahaan terkemuka di Indonesia yang masuk dalam Forbes 2000 menjadi mitra SAP.

Untuk mendukung layanan kepada pelanggan di seluruh Indonesia, SAP mengombinasikan pendekatan geografis, kunci kemitraan, keahlian yang kuat dan teknologi terbaik di kelasnya melalui SAP Cloud Powered by SAP HANA.

Selain menangani pelanggan SMEs, SAP Indonesia juga peduli terhadap bidang pendidikan melalui SAP University Aliances yang bekerja sama dengan 12 perguruan tinggi. Program ini telah melatih 7.000 mahasiswa Indonesia sejak 2010 tentang cara menjalankan aplikasi teknologi SAP. Dari jumlah ini, sekitar 700 mahasiswa berasal dari Fakultas Teknik Informasi ITS Surabaya.

Wakil Dekan Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Mahendrawaty ER, mengatakan lembaga pendidikan yang dipimpinnya mendapat kesempatan untuk menggunakan produk SAP di kelas mereka.

“Mahasiswa menggunakan konsep ERP ke dalam software SAP sehingga mereka dapat mengakses berbagai praktek proses bisnis terbaik yang pada akhirnya meningkatkan daya saing di dunia kerja," katanya.