Rifat Sungkar Jajaki Trek Acropolis Rally; Siap Jadi Juara

Rifat Sungkar Jajaki Trek Acropolis Rally; Siap Jadi Juara

Jakarta, Kabarindo- Acropolis Rally akan dilangsungkan pada tanggal 24 – 27 Mei 2012.

Sebelum memulai pertandingan di Acropolis Rally, para peserta diberikan kesempatan untuk melakukan suvey lintasan, atau recee, pada tanggal 21 – 23 Mei 2012.

Di recee hari pertama (21 Mei 2012), Fastron World Rally Team akan mensurvey lintasan di Kefalari, Ziria, dan Kineta dengan total jarak tempuh sejauh 347,17 km. Pada hari kedua (22 Mei 2012), Fastron World Rally Team akan melanjutkan untuk melakukan survey/recee di lintasan Aghii Theodori/Power Stage, New Pissia, Aghia Marina, Klenia-Mycenae dan Ghymno sejauh 356,33 km. Pada hari ketiga (23 Mei 2012), Fastron World Rally Team akan melalukan survey/recee di lintasan Bauxites, Drossohori, Elikonas, dan Thiva sejauh 514,27 km.

Acropolis Rally digadang-gadang sebagai seri terberat di WRC 2012. Dengan lintasan gravel berliku dan berbatu yang membebankan suspensi dan temperatur yang tinggi, Acropolis Rally akan menjadi salah satu ujian terberat bagi Fastron World Rally Team di WRC 2012.

“Kami, bersama Fastron World Rally Team, telah melakukan persiapan yang optimal. Di lintasan Acropolis Rally ini, selain kecepatan konsistensi juga sangat diperlukan. Sesi survey/recee kali ini akan kami manfaatkan sebaik mungkin untuk mempelajari dan membiasakan diri dengan trek dan medan,” ujar pereli Fastron World Rally Team, Rifat Sungkar. “Kami akan memberikan yang terbaik untuk mengharumkan nama Indonesia. Mohon doa restu dan dukungan dari teman-teman semua,” tambah Rifat Sungkar.

“Cuaca di sini (Yunani) pada siang hari sangat panas, dan bisa menjadi sangat dingin di malam hari. Karena kita berasal dari negara yang beriklim tropis, adaptasi terhadap cuaca tidak menjadi masalah. Tergantung dengan tingginya suhu, ban juga akan berperan penting terhadap hasil pertandingan,” ujar Indra Prasetyo, selaku team manager untuk Fastron World Rally Team. “Kami menerima informasi bahwa hari Selasa diperkirakan akan ada badai. Mudah-mudahan dengan kemampuan dan pengalaman Rifat dan Steve, mereka dapat mengatasi berbagai rintangan dan tantangan di Acropolis Rally,” tambah Indra.

Di Acropolis Rally kali ini, Rifat Sungkar akan ditemani oleh Steve Lancaster sebagai co-driver dan navigator yang menggantikan Scott Beckwith. Steve Lancaster yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di ajang-ajang reli internasional, pernah menjadi co-driver untuk Naseer Al-Attiyah, yang sekarang ini berpartisipasi di WRC 2012 di bawah bendera Qatar World Rally Team. Steve Lancaster juga sempat mengikuti Acropolis Rally di tahun 2002 bersama Nigel Heath. “Survey lintasan kali ini juga merupakan kesempatan bagi saya untuk menyesuaikan diri dengan Rifat dan Fastron World Rally Team, termasuk dalam hal komunikasi, pembuatan pace note dan koordinasi,” ujar Steve Lancaster.

Fastron World Rally Team juga akan melalui proses scrutineering pada hari Rabu (23 Mei 2012). Lalu dilanjutkan dengan sesi Free Practice dan Shakedown pada hari Kamis (24 Mei 2012). Acropolis Rally akan dimulai secara resmi pada hari Kamis sore (24 Mei 2012) pukul 17:00 waktu setempat.

Setelah Acropolis Rally, Fastron World Rally Team akan melanjutkan pertarungannya di ADAC Rallye Deutschland di Jerman pada tanggal 24 – 26 Agustus, Rallye de France – Alsace di Perancis  4 – 7 Oktober, Rally d'Italia yang akan berlangsung di kepulauan Sardinia – Italia tanggal 18 – 21 Oktober, dan  Rally d’Espana di Soluo - Spanyol pada tanggal 8 – 11 November.

“Fastron World Rally Team ini merupakan bentuk dukungan Pertamina Fastron untuk mengibarkan Indonesia di kancah olahraga motorsport internasional. Hal ini juga merupakan upaya Pertamina Fastron untuk memperluas pasar di Eropa,” ujar ujar Supriyanto D.H selaku VP Lubricants PT.Pertamina (Persero). “Dengan mendapatkan approval dari produsen mobil papan atas dengan teknologi terkini, Pertamina Fastron merupakan pelumas yang cocok untuk segala medan, termasuk di trek-trek sulit di WRC,” tambah Supriyanto D.H.