Rifat Sungkar; Ikut Putaran 5 Kejurnas Speed Offroad

Rifat Sungkar; Ikut Putaran 5 Kejurnas Speed Offroad

SERANG, Banten, Kabarindo– Pebalap Rifat Sungkar.

Ia kembali berlaga di IXOR Kejurnas Speed Offroad 2015 putaran kelima yang kembali diselenggarakan di sirkuit Taman Wisata Tembong Jaya Serang, Banten pada 19-20 September 2015.

Pada putaran kali ini, Rifat Sungkar yang merupakan juara putaran keempat itu kembali membawa nama Fastron Offroad Racing Team.

Ini adalah ketiga kalinya gelaran Kejurnas Speed Offroad 2015 diselenggarakan di sirkuit Taman Wisata Tembong Jaya Serang, Banten. Pada putaran kali ini ada beberapa modifikasi pada lintasan, diantaranya jump yang lebih tinggi, jalanan yang lebih mulus dan kemiringan tikungan yang bertambah. Penyiraman cairan chemical pada trek dalam seminggu yang lalu juga cukup berpengaruh, debu yang beterbangan jadi tidak terlalu tebal.

Pada putaran kali ini, persaingan akan semakin sengit terutama di kelas FFA, namun  Rifat yang ditemani navigator M. Redwan  akan berusaha melakukan yang terbaik. Di setiap putaran persaingan berlangsung semakin ketat dan persiapan kendaraan di level kompetisi seperti saat ini harus lebih cermat dan presisi  karena kita tak lagi  bicara persaingan dengan jarak detik namun sudah seperseratus detik. Semua momen amat sangat berarti.

Untuk persiapan kendaraan Mitsubishi Pajero Sport tunggangan Rifat, sebenarnya masih dengan spesifikasi yang sama seperti putaran sebelumnya. ”Kami melakukan rebuild komponen lama ke komponen baru, dengan sedikit penyesuaian di program ECU (Electronic Control Unit). Hal ini menjadi krusial dimana dengan trek licin dan berdebu, kami membutuhkan gas yang lebih responsif. ” jelas Rifat. ”Trek yang berdebu akan menyebabkan mobil drifting dan kita tidak boleh kehilangan daya cengkram  atau grip.  Selain itu performa mesin yang stabil juga sangat diperlukan, dan itu bisa didapatkan dengan menggunakan pelumas Fastron yang menjaga temperatur mesin tetap dingin dan bertenaga.” lanjut Rifat Sungkar.

Pada putaran kali ini, ada sesuatu yang baru terlihat pada Rifat, yaitu terlihat livery baru pada helm yang digunakannya, helm berwarna hijau dengan tulisan Gojek di dalamnya. “Saya sangat mendukung Gojek karena Gojek sangat peduli pada safety riding, selain itu baik Gojek maupun Pertamina adalah produk anak bangsa Indonesia yang  membanggakan” kata Rifat.