Riau Jadi Tempat Kelahiran Bahasa Melayu; Awesome.....!

Riau Jadi Tempat Kelahiran Bahasa Melayu; Awesome.....!

Jakarta, Kabarindo - Rasanya, tidak banyak yang mengetahui bahwa Riau merupakan tempat kelahiran bahasa Melayu, bahasa resmi negara tetangga Malaysia serta pokok dari bahasa Indonesia.

Provinsi yang terletak di tengah pulau Sumatera ini, merupakan pusat peradaban Melayu dengan beragam peninggalan yang masih dapat disaksikan hingga saat ini, mulai dari Istana Siak Sri Indrapura yang masih anggun berdiri hingga Pulau Jemur yang menawarkan panorama alam yang menakjubkan.

Berkunjung ke wilayah ini, bakal akan membawa wisatawan ke masa kejayaan Selat Malaka sebagai salah satu pusat perlintasan perdagangan dunia. Karenanya, laman Burufly mencoba untuk mengekplorasi pesona budaya melayu yang dimiliki oleh salah satu provinsi yang kaya sumber daya alam ini.

Kebesaran budaya Melayu masih dapat disaksikan dalam berbagai upacara adat yang digelar secara berkala, misalnya Mandi Balimau, upacara mandi di sore hari dengan menggunakan Limau (jeruk nipis) yang diselenggarakan masyarakat Kampar dua hari sebelum bulan Ramadhan tiba.

Lain lagi dengan Pacu Jalur, perlombaan sampan atau perahu tradisional dengan panjang 25-40 meter dan diawaki 40-60 orang. Kegiatan yang biasanya diadakan pada bulan Agustus ini menjadi salah satu acara budaya dalam masyarakat Kuantan Singingi.

Uniknya, masyarakat pendatang pun memiliki upacara tradisional yang setiap tahun masih digelar dengan meriah. Upacara Bakar Tongkang untuk memeringati ulang tahun dewa laut Kie Ong Ya digelar masyarakat Tionghoa di kota Bagansiapi-api setiap tanggal 16 bulan lima kalender Imlek.

Setelah puas melihat beragam festival, wisatawan dapat melihat rekam jejak salah satu kerajaan Melayu terbesar di Kota Tua Siak Indrapura. Selain Istana Siak Sri Indrapura yang dibangun pada akhir abad ke-19, dengan arsitektur yang memadukan gaya Timur Tengah, Eropa, serta Melayu, wisatawan dapat berjalan-jalan di kota tua yang masih banyak menampilkan suasana kota seperti satu abad lampau.

Pada bagian timur kawasan istana ini, dapat ditemukan kelenteng, gereja serta pusat pertokoan dengan bangunan kayu yang kondisi dan kebersihannya masih terjaga dengan baik. Sementara itu, di bagian barat terdapat masjid Sultan Siak Shayabuddin yang masih memancarkan pesona sebagai bangunan ibadah terbesar di provinsi ini.

Masih di kawasan Siak Indrapura, wisatawan dapat menikmati suguhan kuliner lokal di Kampung Rempak sambil menikmati keindahan jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah di waktu malam. Setelahnya, berkunjung ke balai Kerapatan Tinggi Kerajaan Siak yang megah, atau berziarah ke makam raja-raja Siak yang juga masih terawat dengan baik.

Sejatinya, masih banyak lagi daya tarik wisata Riau yang dapat disertakan dalam daftar perjalanan. Di sungai Kampar bagian hilir, terdapat fenomena alam yang disebut masyarakat setempat sebagai 'Bono' yang menjadi daya tarik kalangan peselancar.

Peristiwa alam langka dimana air sungai yang tenang berubah menjadi berombak dengan ketinggian mencapai empat meter, dapat disaksikan setiap bulan purnama.

Saking menariknya, banyak legenda surfer dunia berdatangan dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, untuk menaklukkan ombak yang mendapat julukan Seven Ghost, atau tujuh hantu, sambil memacu adrenalin petualang sejati.

Sementara itu, di wilayah Bengkalis, terdapat pusat pelatihan gajah Bukit Batu yang masih menjadi bagian dari Taman Hutan Rakyat Sultan Syarif Hasyim.

Terakhir, mengunjungi kota Dumai yang merupakan pusat operasi dari sejumlah perusahan pengeboran minyak bumi kelas dunia, menawarkan deretan bangunan berarsitektur modern, serta rencana pembangunan sebuah jembatan melintasi selat Malaka, yang bakal menghubungkan pulau Sumatera dengan wilayah semenanjung Malaysia.

Jadi, tak ada salahnya jika dalam waktu yang tidak lama lagi, wilayan ini akan menjadi salah satu destinasi wisata yang bakal menarik perhatian wisatawan dari dalam maupun luar negeri untuk menyaksikan langsung pesona budaya Melayu yang ada di Riau seperti dilansir dari laman antaranews.