Reza Rahadian; Sabet Piala Citra Ke-3

Reza Rahadian; Sabet Piala Citra Ke-3

Marina Convention Center, Jakarta, Kabarindo- Walau Abimana saat bersua dengan redaksi ia ikhlas menyerahkan piala Citra ke koleganya, Reza Rahadian.

Tapi hitung-hitungan di atas kertas untuk karakter Abang dalam film Rectoverso untuk sosok Lukman Sardi yang multi tasking dan berkarakter dalam berakting apalagi sang senior yang mengaku sudah menginjak usia 70 tahun, Ikranegara yang memerankan pahlawan nasional dan ulama besar bangsa, Almukkaramah Hasyim Asyaari dalam film Sang Kiai.

Tapi sepertinya Tommy F Awuy walau sendiri karena sang ketua dewan juri Slamet Rahardjo tak keliatan batang hidungnya senyum ceria atas jerih payahnya melahirkan film terbaik Sang Kiai tahun 2013 dan menunjuk Rako Prijanto sebagai sutradara terbaik untuk film tersebut.

Sementara sepertinya berbagi piala Citra ke Reza Rahadian jadi Aktor Terbaik 2013 untuk ketiga kalinya sebagai sosok Habibie muda dalam kisah cinta dan kesetiaan memenangkan semuanya harus puas hanya beberapa piala Citra saja.

"Yah, terima kasih dan bersyukur ini adalah piala Citra yang ketiga dan semua untuk omaku yang sangat saya panuti dan menginpirasi perjalanan hidup saya," papar Reza Rahadian lugas sambil mengacungkan jari tiganya meninju ke atas saat menjawab seloroh Tio Pakusadewo yang menggodanya didampingi aktor terbaik 2012, Donny Damara saat memberikan supremasi film nasional Piala Citra.

Redaksi memang melihat gelagat yang unik, mulai dari konten dari tabloid bintangfilm yang membeber banyak hal tentang film Sang Kiai apalagi tak terlihat sama sekali perwakilan dari MD Pictures. Tapi yang jelas dewan juri nampaknya berbagi piala Citra untuk 3 film yang fenomenal di tahun 2013 yakni, Habibie Ainun, Sang Kiai dan 5Cm.

"FFI memang beda dari AFI, dewan juri tidak dibebani memberikan pembelaan atau testimony why dan how proses penjurian atas sebuah film dengan berbagai kategori," papar Tommy F Awuy sebagai salah seorang anggota dewan juri film bioskop yang sempat ditemui oleh redaksi.

Tapi yang jelas tampak terlihat senyum lepas dan bangga, Reza Rahadian yang baru saja mentuntaskan syuting film terbarunya menjadi seorang pedande, seorang tokoh spiritual agama Hindu di pulau dewata Bali melanjutkan film terdahulu Rumah Seribu Ombak dengan judul Jejak Seribu Hujan yang akan tayang tahun depan, 2014.

Tapi yang jelas pekan depan karakternya bersama dengan Herjunot Ali dapat Anda saksikan di film kolosal inspiratif dari sastra klasik Alm Buya Hamka berjudul Tenggelamnya Kapal Van Deer Wicjk.