Relawan PMI Kota Jakarta Timur; Evakuasi Warga Terjebak Banjir

Relawan PMI Kota Jakarta Timur; Evakuasi Warga Terjebak Banjir

Jakarta, Kabarindo- Hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak kemarin pagi menyebabkan air sungai Ciliwung meluap dan membanjiri beberapa wilayah diantaranya Kelurahan Kp. Melayu, Kel. Bidaracina, Kel. Cililitan,Kel. Cawang, Kel. Cipinang Besar Selatan, Kel.Pondok Bambu, Kel. Baru, Kel.Kebon Manggis, kel.Lubang Buaya,Kel.  Cakung Timur, Kel. Baru  serta menyebabkan warga mengungsi di beberapa titik. Untuk mengantisipasi hal ini sejak semalam hingga siang hari ini PMI Kota Jakarta Timur  menurunkan Relawan dan  perahu karet serta rakit  untuk mengevakuasi warga yang terjebak di rumah ke posko terdekat. Lebih dari 200 orang berhasil di evakuasi sejak kemarin malam.
                                                                
Sekitar 150 orang relawan PMI Kota Jakarta Timur siap siaga dalam memberikan bantuan kepada korban banjir yang meliputi relawan KSR Unit Markas PMI Jaktim, KSR Unit UNJ,KSR Unit Azzahra, Sibat, Tenaga Suka Rela dari Jumantik serta 25 orang anggota PMR  dari Dinamika Pembangunan. Pagi tadi sudah didistribusikan 5.500 Roti manis dan 2.400 porsi bubur kacang hijau hangat bagi para pengungsi. Sementara siang ini Relawan PMI sedang mempersiapkan makan malam  sebanyak 5.500 box melalui posko dapur umum di Markas PMI yang  akan didistribusikan kepada korban banjir.

Selain distribusi sarapan pagi dan makan malam PMI Jakarta Timur memberikan bantuan berupa selimut, kain sarung  dan tikar lipat kepada pengungsi serta bahan natura berupa Beras, Telur, Mie Instant, Kecap, Minyak Sayur, Sarden dan Kerupuk ke beberapa kelurahan.

Ketua PMI Kota Jakarta Timur / H. Kusnoto  menjelaskan bahwa “ PMI Kota Jakarta Timur akan selalu tanggap dan peduli dalam memberikan pelayanan kepada korban banjir. Kami telah mengerahkan segala upaya baik secara materil maupun personil untuk mengakomodir kebutuhan pengungsi. Kami bagi dua tim relawan yaitu Tim Evakuasi dan Tim Dapur Umum serta Logistik. Untuk beberapa kelurahan kami berikan bahan Natura agar mereka bisa masak di poskonya masing-masing ” ujar H. Kusnoto.

 PMI Kota Jakarta Timur menerima dan menyalurkan bantuan dari masyarakat luas berupa dana, Natura (Bahan Makanan) seperti Beras, Mie instan, Kecap, Minyak Goreng, selimut, perlengkapan kebersihan dan air mineral, tidak berupa pakaian layak pakai.