Relawan Bersihkan Sampah; Di Kawasan Wisata Ancol

Relawan Bersihkan Sampah; Di Kawasan Wisata Ancol

Jakarta, Kabarindo-  Lebih dari 50 pengunjung secara sukarela membersihkan sampah di kawasan wisata Ancol, Jakarta Utara, dan mengumpulkan 407,5 kilogram sampah sejak Rabu pagi hingga siang.

Mereka mengikuti aksi bersih pantai yang digerakkan oleh Komunitas Sekolah Rakyat, Teens Go Green dan Ancol Sayang Lingkungan serta pengelola kawasan wisata Ancol.

"Kami di sini ada tiga komunitas dan juga dari PT Pembangunan Jaya Ancol telah mengajak para pengunjung untuk turut membersihkan pantai," kata Panitia Aksi Bersih Pantai dari Komunitas Sekolah Rakyat, Anissa Humairoh.

Peserta kegiatan yang terdiri atas para orang tua, remaja hingga anak-anak memulai kegiatan pengumpulan sampah dari Beach Pool, yang memang menjadi salah lokasi paling ramai dikunjungi warga di Ancol.

Untuk menarik minat pengunjung membersihkan pantai,kata Anissa, panitia menyediakan hadiah uang bagi peserta yang berhasil mengumpulkan sampah dengan berat minimal delapan kilogram.

Setiap delapan kilogram sampah yang dikumpulkan pengunjung mendapat hadiah uang sebesar Rp10 ribu. Sementara peserta yang mengumpulkan sampah paling banyak mendapatkan sepeda sebagai hadiah.

"Yang terbanyak mengumpulkan sampah, adalah peserta dengan berat sampah yang dikumpulkan sebanyak 16 kilogram," ujar Anissa seperti dilansir dari laman antaranews.

Lebih dari seratus keranjang sampah terkumpul dalam aksi bersih pantai yang berlangsung pukul 08.00 WIB hingga 10.00 WIB itu.

Namun itu belum sepenuhnya membebaskan Ancol dari sampah.

Siang dan sore hari nanti pengunjung kawasan wisata Ancol diperkirakan membludak, dan pastinya meninggalkan banyak sampah mengingat masih banyak warga yang belum bisa menghilangkan kebiasaan membuang sampah sembarangan.