Ratusan Pelajar Bogor; Ikuti Festival Nasyid MAN

Ratusan Pelajar Bogor; Ikuti Festival Nasyid MAN

Bogor, Kabarindo- Ratusan pelajar dari puluhan sekolah di wilayah Jawa Barat dan DKI Jakarta mengikuti Festival Nasyid dan Seni Islami yang diselenggarakan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Bogor.

"Festival Nasyid dan Seni Islami MAN 1 ini merupakan agenda tahunan yang sudah memasuki usia ke-15," kata Supendi, Wakil Kepala Kesiswaan MAN 1 Kota Bogor, saat ditemui di sela-sela kegiatan itu, Minggu.

Ia mengatakan, Festival Nasyid dan Seni Islami (FENA and SIL) tidak hanya kegiatan memperkenalkan kebudayaan Islam kepada para pelajar, tetapi juga mengasah keterampilan sebagai bekal hidup.

Bukti kesuksesan acara FAN and SIL tersebut salah satu bintang tamu yang hadir dari Sunda Capella yang merupakan alumni MAN 1 Kota Bogor.

"Grup Nasyid Sunda Capella ini tampil mengisi acara bersama grup nasyid Awan Voice," katanya.

Supendi menambahkan, penyelenggaraan FAN and SIL mengambil momen pada saat penerimaan peserta didik baru (PPDB) selain mengasah keterampilan, serta seni Islam, sekaligus mensosialisasikan keberadaan MAN 1.

Ketua Panitia Pelaksana, Ridwanudin mengatakan peserta yang hadir pada acara tersebut berjumlah 741 orang berasal dari 70 sekolah yang ada di Jawa Barat dan DKI Jakarta.

"Peserta terdiri dari 402 siswa SMP dan 339 siswa SLTA," katanya.

Ridwanundin menjelaskan, kegiatan yang mengambil tema "Syiarkan Islam Dalam Nuansa Seni" memperebutkan sedikitnya enam piala, masing-masing adalah Piala Bergilir Kementerian Agama RI, Piala Bergilir Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, dan Piala Bergilir Gubernur Jawa Barat.

Berikutnya Piala Bergilir Wali Kota Bogor, disusul Piala Bergilir dari Polres Bogor dan Piala Bergilir KNPI, serta masih banyak lagi hadiah lainnya.

Ridwanudin menjelaskan, bahwa kegiatan FAN and SIL sebagai sarana untuk memperkenalkan kebudayaan Islam kepada para pelajar, dan merupakan agenda tahunan yang bertujuan untuk mewujudkan eksistensi pengenalan madrasah.

Program yang mengacu pada PP 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional tersebut, juga merupakan salah satu upaya menjadikan masyarakat Indonesia sebagai masyarakat islami dan sudah menjadi kegiatan MAN 1 serta OSIS MAN 1 Kota Bogor.

Kegiatan yang dipusatkan di MAN 1 Kota Bogor, Jalan Semeru, Kompleks Bumi Menteng Asri, menampilkan sembilan macam perlombaan di antaranya Nasyid, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), kaligrafi, Cerdas Cermat Islam, Dai, Tahfidz, Puisi Ialam dan lomba Azan.