Ratusan PMR Madya Tegal; Ikuti Uji Kecakapan Gerakan

Ratusan PMR Madya Tegal; Ikuti Uji Kecakapan Gerakan

Slawi, Kabarindo– Sebanyak 976 anggota PMR Madya dari 26 sekolah se Kabupaten tegal mengikuti Uji Kecakapan Gerakan yang digelar oleh Palang Merah Indonesia Kabupaten Tegal, akhir pekan kemarin di Komplek GOR Tri Sanja Slawi.

Mereka datang dari berbagi pangkalan Unit PMR Sekolah setingkat SLTP yang tersebar di wilayah Kabupaten Tegal.
 
Acara yang dikemas dengan tema Kaum Muda sebagai agen perubahan dibuka secara resmi oleh Ketua PMI Kabupaten Tegal, H Iman Sisworo SH. Dalam sambutannya dikatakan, tujuan digelarnya acara itu adalah untuk mengetahui sejauh mana pengembangan PMR di masing-masing pangkalan unit PMR, khususnya pengetauan tentang materi Gerakan Palang Merah yang didapat di sekolah.

“Dengan adanya Uji Kecakapan PMR maka akan diketahui tingkat pengetahuan anggota PMR dan apabila dijumpai nilai dibawah minimum maka akan dijadikan dasar untuk lebih meningkatkan pembinaan PMR di sekolah,”katanya.
 
Lebih luas dijelaskan, kegiatan Uji Kecakapan Gerakan Palang Merah merupakan salah satu dari tujuh Uji Kecakapan PMR yang akan dilaksanakan oleh PMI Kabupaten Tegal.

“Sebagai awal, maka baru  yang dilaksanakan Uji Kecapan Gerakan dan baru lainya di waktu dan kesempatan yang berbeda. Adapun ketujuh materi kecakapan lainnya adalah Kecakapan Pertolongan pertama, kesehatan remaja, Ayo Donor Darah, Kepemimpinan, Kebersihan dan kesehatan, Ayo Siaga Bencana dan Tri Bakti PMR,”paparnya.
 
Secara teknis pelaksanaan uji kecakapan gerakan dibagi menjadi lima pos yaitu pos penjabaran tujuh prinsip gerakan, lagu Mars PMI, Tri Bakti PMR, Kreatiftas Remaja dan outbound. Walaupun diguyur hujan, semua peserta sangat antusias mengikuti kegiatan hingga selesai.
 
Selain acara uji kecakapan gerakan, juga dilaksanakan pengukuhan PMR Madya se Kabupaten Tegal. Mereka dikukuhkan secara resmi sebagai anggota PMR Madya PMI Kabupaten Tegal diakhir acara oleh Pengurus PMI Kabupaten Tegal Bidang SDM, Totok Novariyanto SPd.
 
Dalam sambutanya, dia berharap kepada anggota PMR Madya yang telah dikukuhkan untuk bisa menerapkan ilmunya di tengah-tengah masyarakat terutama dapat merealisasikan tri bakti PMR yang salah satu isinya berbakti kepada masyarakat.