Rakuten Dream Merchant; Bantu Berdayakan UMKM

Rakuten Dream Merchant; Bantu Berdayakan UMKM

Surabaya, Kabarindo- Rakuten Belanja Online (RBO) meluncurkan program Rakuten Dream Merchant (RDM) dalam upaya pemberdayaan merchant dan meningkatkan ekonomi lokal.
 
Peluncuran ini dilakukan di sela seminar edukasi UMKM “Fasilitasi Kerja Sama Kemitraan Melalui Penguatan Strategi Pemasaran UMKM” yang diselenggarakan pada Rabu (23/9/2015) bekerja sama dengan BKPPM Surabaya.
 
Johannes Aries, Partnership Development Manager PT Rakuten Belanja Online, mengatakan seminar tersebut mengundang 58 UMKM dari Surabaya untuk memberikan peluang lebih besar dalam memperoleh keuntungan dari pengetahuan dan wawasan RBO selama 15 tahun pengalaman di industri ini.
 
Ia menjelaskan, program RDM bertujuan mendorong UMKM melakukan transformasi bisnis dari offline menuju online serta memaksimalkan penggunaan e-commerce dalam meningkatkan usaha mereka.
 
“Surabaya memiliki lebih dari 10.000 UMKM dan pebisnis yang semakin melek teknologi terus meningkat. Mereka melihat potensi e-commerce sebagai masa depan bisnis,” ujar Johannes.
 
Pasar e-commerce Indonesia diproyeksikan akan melebihi nilai 18 milyar dolar AS pada akhir 2015, namun kurang dari 1% UKM lokal yang telah memanfaatkan e-commerce untuk mengembangkan bisnis mereka. Johannes berharap akan lebih banyak UMKM yang memanfaatkan e-commerce.
 
Yasunobu Hashimoto, Direktur Rakuten Belanja Online, menjelaskan pengembangan UKM merupakan salah satu prioritas pihaknya tahun ini. Program RDM  untuk mendukung UMKM di Indonesia. Kami memilih Surabaya untuk peluncuran program RDM karena potensi ekonomi lokal yang luar biasa.
 
“Melalui program ini, kami yakin pelaku UMKM di Surabaya dapat menggunakan e-commerce dan teknologi digital secara lebih baik,” ujarnya.
 
Yasunobu mengatakan, RDM terbuka bagi seluruh UMKM di Indonesia, khususnya mereka yang telah bergabung dengan RBO sejak Juni 2015. Peserta akan diseleksi untuk selanjutnya mengikuti serangkaian kompetisi selama tiga bulan. Melalui kompetisi ini, RBO akan mendukung mereka untuk terjun ke pasar global dan menjadi Rakuten Dream Merchant yang pertama.
 
Sejak diluncurkan September 2013, RBO berkomitmen membantu mengembangkan bisnis merchant di Bandung, Surabaya, Jogjakarta dan Medan, serta telah membantu lebih dari 250 merchant memulai bisnis online dan menawarkan produk-produk lokal unik mereka ke basis pelanggan yang lebih luas.
 
R BO menjanjikan kemudahan bagi UMKM dan pemilik usaha online di seluruh Indonesia untuk memasarkan produk dan membangun basis pelanggan. Tersedia tools seperti Global E-Commerce Platform yang memudahkan pemilik toko online untuk mendesain toko mereka. Juga ada layanan konsultasi untuk membantu para pedagang mengatasi tantangan dan meningkatkan penjualan.