Rahmad Darmawan; Siap Latih Persebaya

Rahmad Darmawan; Siap Latih Persebaya

Surabaya, Kabarindo- Mantan pelatih Tim Nasional Sepakbola SEA Games 2013 Rahmad Darmawan (RD).

Ia dijadwalkan segera memimpin sesi latihan Persebaya Surabaya pada Sabtu (28/12), untuk persiapan menghadapi kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2014.

Asisten Manajer Persebaya Amran Said Ali ketika dihubungi wartawan di Surabaya, Jumat, mengatakan bahwa kehadiran RD melatih Persebaya lebih cepat dari rencana semula pada awal Januari atau setelah liburan tahun baru, seperti yang diberikan kepada pemain-pemain timnas usai mengikuti SEA Games di Myanmar.

"Kami senang coach RD bisa segera menangani tim, karena persiapan sudah semakin mepet. Sebelum ISL, Persebaya juga akan mengikuti turnamen Inter Island Cup pada pertengahan Januari 2014," katanya.

Menurut Amran, seluruh pemain Persebaya harus sudah bergabung dalam sesi latihan pada Sabtu (28/12) pagi ini, setelah selama tiga sejak 25 Desember mendapatkan jatah libur.

Khusus untuk pemain timnas yang baru saja pulang dari Myanmar dan sedang berlibur, manajemen Persebaya memberikan toleransi kepada mereka untuk bergabung paling lambat pada awal Januari 2014.

"Dari empat pemain timnas, hanya Fandi Eko Utomo yang memberikan konfirmasi siap bergabung dalam latihan besok, karena kebetulan tinggalnya di Surabaya. Sedangkan, tiga pemain lain, yakni Alfin Tuasalamony, Manahati Lestusen dan Dedi Kusnandar dijadwalkan datang pada 2 Januari," ujarnya.

RD, yang dihubungi wartawan secara terpisah, mengatakan bahwa dirinya sengaja mempercepat masa liburan karena ingin segera bertemu dengan pemain dan memimpin sesi latihan.

"Sabtu pagi besok saya sudah ada di Surabaya dan langsung memimpin anak-anak berlatih pada sore harinya. Sebelum latihan, saya akan bertemu asisten pelatih untuk meminta laporan perkembangan kondisi tim," katanya.

Setelah menyelesaikan tugas bersama Timnas U-23 dengan membawa pulang medali perak SEA Games 2013, RD kini akan fokus menangani "Bajul Ijo" yang telah mengontraknya sebagai pelatih selama dua musim kompetisi.

Ujian pertama RD bersama Persebaya akan dijalani saat menghadapi Persib Bandung dalam pertandingan persahabatan di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya pada 5 Januari 2014.

Pertandingan itu menjadi puncak dari rangkaian kegiatan untuk memeriahkan peluncuran resmi tim Persebaya yang akan berlaga di kompetisi ISL 2014.

Persebaya juga baru saja mengikuti turnamen Piala Gubernur Jatim 2013 dan meraih posisi runner up setelah pada laga final kalah 0-1 dari Arema Cronus, Selasa (24/12) seperti dilansir dari laman antaranews.