RRI Palembang; Dukung Pelestarian Seni Budaya Daerah

RRI Palembang; Dukung Pelestarian Seni Budaya Daerah

Palembang, Kabarindo- Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) Palembang, Sumatera Selatan, berkomitmen mendukung pelestarian seni dan budaya daerah masyarakat setempat sehingga dapat eksis dan terus dinikmati generasi muda penerus bangsa.

Salah satu bukti komitmen tersebut, dalam rangka menyemarakkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-69 yang jatuh pada 11 September 2014,pihaknya akan menggelar acara hiburan rakyat "Wayang Kulit Semalam Suntuk".

"Acara hiburan wayang kulit ini akan digelar atas kerja sama dengan Persatuan Pedalang Indonesia (Pepadi) provinsi setempat di auditorium RRI Palembang pada 13 September," kata Kepala LPP RRI Palembang, Agung Susatyo di Palembang, Minggu (7/9).

Dijelaskannya, acara hiburan rakyat tersebut terbuka untuk umum, bagi masyarakat yang berminat menyaksikan pertunjukkan wayang kulit dipersilahkan datang ke auditorium RRI tanpa dipungut bayaran.

Menurut dia, pihaknya komitmen berpartisipasi melestarikan seni dan budaya daerah, oleh karena itu setiap kegiatan selalu memberikan peluang kepada kelompok pencinta seni dan budaya untuk tampil di auditorium RRI dan program siaran radio milik negara ini.

Beberapa seni budaya daerah yang sering ditampilkan di auditorium dan disiarkan melalui program siaran khusus seni budaya daerah RRI Pro 2 yakni pentas seni budaya teater masyarakat Kota Palembang "Dul Muluk" dan budaya Jawa "Wayang Kulit".

Selain kelompok seni budaya yang sering tampil dan bekerja sama dengan LPP RRI Palembang tersebut, pihaknya membuka diri bagi kelompok seni dan budaya daerah lainnya untuk memanfaatkan lembaga penyiaran milik negara ini melestarikan seni budaya daerah.

"Mari manfaatkan lembaga penyiaran publik ini untuk membangkitkan kecintaan masyarakat terhadap seni dan budaya daerah, jadikan RRI sebagai rumah sendiri atau wadah pengembangan bakat dan kreatifitas seni dan budaya," ujarnya.

Sementara Panitia HUT RRI Seksi Publikasi, Pery Widodo menjelaskan, banyak acara yang digelar dalam rangka menyemarakkan HUT RRI tahun ini, selain jalan santai yang diikuti ribuan peserta dari keluarga besar RRI, mitra kerja, dan masyarakat umum pada hari Minggu (7/9) ini, sebelumnya pihaknya mengelar donor darah bekerja sama dengan pihak Kodam II Sriwijaya.

Kemudian, kata Agung, kegiatan akan dilanjutkan kunjungan ke tempat mitra RRI di dalam Kota Palembang untuk mempererat tali silaturahmi dan kemitraan, serta puncak acara HUT pada 11 September dilakukan upacara bendera dan dilanjutkan acara penyulutan api Tri Prasetya di auditorium RRI Palembang yang dipandu secara sentral dari kantor pusat di Jakarta seperti dilansir dari laman beritasatu.