RFID Ditarget Beroperasi Di Jakarta; Bulan Depan

RFID Ditarget Beroperasi Di Jakarta; Bulan Depan

Jakarta, Kabarindo- Alat pemantau konsumsi BBM bersubsidi (Radio Frequency Identification/RFID) direncanakan mampu beroperasi pada November mendatang.

Perangkat tersebut telah terpasang di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di wilayah Jakarta.

Senior Vice President Fuel Marketing & Distribution PT Pertamina Suhartoko mengatakan, sistem RFID saat ini masih dalam tahap uji coba guna menghindari hal yang tidak diinginkan ketika sudah beroperasi. Uji coba sistem dilakukan oleh PT Industri Telekomunikasi Indonesia (INTI) selaku pemenang tender pengadaan perangkat RFID.

"Sistem harus benar-benar stabil. Masih diuji coba, mudah-mudahan bulan ini selesai," kata Suhartoko di Jakarta, Rabu (16/10).

Sementara itu, Direktur Operasi dan Teknik INTI Adiaris menjelaskan, uji coba yang dimaksud ialah mengenai fitur-fitur dalam sistem. RFID merupakan program Sistem Monitoring dan Pengendalian BBM (SMPBBM). Di dalam program tersebut banyak fitur yang dimiliki, antara lain mendata jenis kendaraan serta transaksi pembelian BBM subsidi. Fitur berikutnya, sistem mampu membaca jenis kendaraan yang dilarang menggunakan BBM subsidi.

"Semuanya harus diujicoba. Pertamina ingin memastikan yang dipesan sesuai," jelasnya.

Dikatakannya, sistem mampu mencatat jumlah transaksi pembelian BBM subsidi meski belum semua kendaraan di Jakarta terpasang perangkat RFID. Dia menyebut kendaraan milik Pertamina dan sejumlah BUMN sudah terpasang perangkat ini. Sedangkan pemasangan kendaraan milik masyarakat dilakukan secara bertahap dan pihaknya terus melakukan sosialisasi.

"Kami membuka posko pendaftaran dan pemasangan RFID di 60-80 SPBU. Kami juga nantinya membuka pendaftaran di mal," ujarnya.

Manajer Sosialisasi SMPBBM INTI, Andi Nugroho menambahkan pihaknya menggunakan cara "jemput bola" sebagai upaya membangun kesadaran dan dukungan masyarakat untuk menyukseskan program SMPBBM. Jemput bola itu dengan mendatangi warga masyarakat pemilik kendaraan roda empat dan kemudian dipasangkan Ring RFID secara gratis.

Pekan lalu, INTI melakukan sosialisasi dan pemasangan RFID di Komplek Taman Mutiara Prima Kebon Jeruk, Jakarta Barat, dilanjutkan ke Komunitas Toyota Avanza Club (TACI) serta Avanza Xenia Club (Axic) di kawasan SCBD, Jakarta Selatan serta Great Corolla Club di Mega Glodok Kemayoran (MGK).

"Dalam hitungan jumlah memang masih sangat sedikit dibanding populasi kendaraan roda empat atau lebih yang menjadi target pemasangan Ring RFID di wilayah DKI Jakarta, tetapi inilah langkah awal edukasi tentang pentingnya fungsi Ring RFID dalam program SMPBBM ke depan," kata Andi seperti dilansir dari laman beritasatu.