Pullman Surabaya Bikin Dimsum Festival; Sambut Imlek 2015

Pullman Surabaya Bikin Dimsum Festival; Sambut Imlek 2015

Surabaya, Kabarindo- Masyarakat Tionghoa di seluruh dunia akan merayakan Tahun Baru Cina (Imlek) pada 19 Februari mendatang.

Sebagaimana perayaan-perayaan lain seperti Lebaran dan Natal, hotel-hotel siap menyambut Imlek, termasuk Hotel Pullman di Surabaya yang menyajikan aneka dimsum kepada tamu.

Dimsum (Dim Sum) adalah makanan kecil atau makanan ringan yang identik sebagai hidangan khas Oriental dan digemari banyak orang sehingga cukup familiar bagi lidah pecinta kuliner. Dimsum biasanya disajikan di wadah bambu berbentuk bulat yang berisi beberapa biji.

Tatok Hariyanto, PR Accor Group Jawa Timur, mengatakan Pullman mengadakan Dimsum Festival yang menyajikan aneka dimsum di LJ Lounge setiap hari pukul 14.00-17.00 selama Februari. Tamu bisa menikmati dimsum sepuasnya atau all U can eat dan akan mendapatkan gratis minuman teh hijau (green tea).

Aneka dimsum yang disajikan pada Dimsum Festival tersebut hasil kreasi Executive Chef Danang Dwi Lukita bersama tim dapur Pullman. Ia mengatakan, dalam rangka Imlek, hotelnya menyajikan sekitar 120 menu mulai hidangan pembuka, utama hingga penutup. Sebagian menu ini disajikan khusus saat Imlek.

Untuk hidangan pembuka misalnya ada Sup Hisit dari sirip ikan yang sedap dan Drunken Chicken alias Sup Ayam Mabuk. Dinamai Sup Ayam Mabuk karena rasanya enak sekali dan proses pembuatannya menggunakan arak beras. Setelah dibersihkan, daging ayam direbus lalu direndam dalam kaldu yang diberi arak beras sehingga menghasilkan rasa gurih campur sedikit asam.

Untuk hidangan utama ada Udang Sereal dari bahan udang segar yang digoreng lalu ditaburi sereal yang sudah dibumbui bawang sehingga memberikan paduan rasa yang unik dan tampilan menarik. Udang yang gurih dipadu rasa sereal dengan aroma bawang. Hmm...patut dicoba. Ada pula Barbeque Bebek Peking yang tak kalah lezat. Menu ini juga akrab bagi pecinta kuliner.

Chef Danang mengatakan, dimsum merupakan bagian dari 120 menu yang disajikan Pullman. Untuk dimsum, pihaknya menyajikan 30 varian yang terdiri dari tiga jenis dimsum yaitu sweet dimsum (yang manis), steamed dimsum (dimsum kukus) dan fried dimsum (dimsum goreng).

“Selama ini yang diketahui dan banyak dinikmati orang adalah varian-varian dimsum yang umum dari dimsum kukus dan dimsum goreng. Kami membuat kreasi baru dimsum termasuk dari jenis sweet dimsum,” ujarnya.

Untuk dimsum goreng misalnya ada Freid Taro dari bahan talas yang gurih dan lembut isinya. Pilihan lainnya adalah Pear Dimsum yang dinamai demikian karena berbentuk buah pear dengan isi daging ayam dan jamur. Dimsum lainnya yang juga menggoda selera adalah siomay isi telur puyuh dan tak kalah menggiurkan adalah Onde-Onde Dua Rasa berisi melon dan kacang merah. Bagi penggemar duren, harus mencicipi Onde-Onde Rasa Duren. Wow...bakal bikin ketagihan.

Untuk jenis dimsum manis, ada Puding Almond yang manis dan lembut di lidah, terbuat dari irisan buah anggur, pear, peach dan stroberi yang disajikan dalam mangkok mungil cantik. Ada juga bisa memilih Puding Mangga yang tak kalah enak dan lembut dengan paduan raspberry di atasnya. Kedua puding ini bisa menjadi hidangan penutup.