Proyek Inspire 2014; Di Rilis

Proyek Inspire 2014; Di Rilis

Jakarta, Kabarindo– MasterCard dan Komite UN Women Singapura bersama dengan perusahaan konsultan global Bain & Company dan mitra akademis INSEAD mengumumkan Proyek tahunan ke-empat ‘Project Inspire’: kampanye 5 Menit untuk Mengubah Dunia.

Dua program yang dijalankan oleh kaum muda Indonesia berhasil menjadi finalis Project Inspire dalam dua program sebelumnya. Pada tahun 2012, finalis dari Indonesia; Gloria Arlini - Project Light sempat mempresentasikan program pemberdayaan perempuan dengan lampu tenaga matahari di kepulauan Riau. Sementara di tahun sebelumnya (2011), tim Wangsa Jelita juga berhasil mewakili Indonesia sebagai satu dari 10 finalis yang mempresentasikan detail programnya ke komite Project Inspire Singapura. Dengan diumumkannya pembukaan pendaftaran baru-baru ini diharapkan makin banyak peserta yang berasal dari Indonesia.

Diluncurkan pada 2011, inisiatif yang memberikan kesempatan kepada para peserta yang berusia 18-35 tahun  memperebutkan hadiah utama bantuan sosial (grant) sebesar US$ 25.000 untuk program terbaik di bidang pemberdayaan wanita dan anak perempuan di Asia/Pasifik, Timur Tengah, atau Afrika. Program ini juga akan memberikan hadiah US$ 10.000 kepada pemenang Special Recognition Awards dan hadiah khusus kepada pemenang People’s Choice Award.

"Sumber daya global harus dikerahkan untuk menyediakan lapangan pekerjaan untuk para wanita yang bersifat jangka panjang,” ujar Trina Liang-Lin, Presiden, Singapore Committee for UN Women. “Dengan tingkat pengangguran anak muda di tingkat global* mencapai 12.6% atau sekitar 73 juta orang, Project Inspire berharap dapat menunjukkan kekuatan organisasi sosial sebagai pekerjaan yang layak dan memiliki manfaat berlipat kepada masyarakat."

Georgette Tan, Group Head, Communications, Asia/Pasifik, Timur Tengah dan Afrika, MasterCard, menambahkan, "Proyek Inspire terus mencari ide-ide dari anak muda yang ingin membuat perbedaan. Namun keberhasilan nyata dari program ini adalah dengan menyaksikan perkembangan para pemenang tahun-tahun sebelumnya dan dampak yang mereka ciptakan terhadap kehidupan perempuan, anak-anak perempuan, dan masyarakat disekitar mereka."

Para calon peserta harus menyerahkan video berdurasi lima menit berisi cerita tentang bagaimana hadiah utama sebesar US $ 25.000 akan digunakan untuk memperbaiki kehidupan perempuan. Program ini dibuka mulai Sabtu, 8 Maret, 2014, dan pendaftaran peserta dapat dilakukan melalui website Project Inspire: www.5minutestochangetheworld.org.  Batas waktu pendaftaran dan pengiriman video adalah 30 Juni 2014. Pemenang akan diputuskan oleh panel juri dan akan diumumkan di Singapura pada Sabtu, 30 Agustus, 2014.