Profesor Dale Bertandang Ke Indonesia; Pakar Bioteknologi Australia

Profesor Dale Bertandang Ke Indonesia; Pakar Bioteknologi Australia

Jakarta, Kabarindo- Ceramahnya bertajuk, Banana for the 21st Centuries: Pushing Back the Threat of Extinction (Pisang untuk abad ke-21: Mendesak Mundur Ancaman Kepunahan).
 
"Dengan bangga saya menyambut Profesor Dale ke Indonesia, yang karyanya menunjukkan keunggulan sains yang kita miliki di Australia," kata Kuasa Usaha Australia, Dr David Engel. "Saya berharap penelitiannya akan menginspirasi para sarjana, ilmuwan pertanian dan teknologi makanan dari Indonesia dan memperkuat kerjasama penelitian mereka dengan Australia."
 
Dr Jatna Supriatna, dari Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia, yakin bahwa kunjungan dan kuliah Profesor Dale akan memperkuat hubungan dan kerjasama penelitian antara Indonesia dan Australia.
 
Pisang termasuk dalam sepuluh besar tanaman pangan dunia.  Di daerah tropis basah dan sub-tropis, pisang merupakan makanan pokok utama, komponen kunci dari diet dan bagian dari budaya lokal.  Pisang merupakan tanaman asli bagi Indonesia dan bagian wilayah lain di Asia Tenggara, Papua Nugini dan Australia bagian utara.
 
Meski begitu penting, keberadaan pisang sebagai tanaman pangan utama dunia berada di bawah ancaman, bukan akibat kehilangan lingkungan sebagaimana sebagian besar kasus kepunahan, tapi akibat penyakit.  Pisang di Indonesia menghadapi ancaman yang sama seperti di tempat lain tetapi melalui kolaborasi ilmiah dan kerja sama internasional, ancaman ini dapat didesak mundur.
 
Profesor James Dale adalah Direktur Pusat Tanaman Tropis dan Biokomoditas di Queensland University of Technology yang menggabungkan Bioteknologi Tanaman Tropis, Pusat Syngenta untuk Pengembangan Bahan Bakar Hayati Tebu dan Penelitian dan Inovasi Gula (SRI).  Pada tahun 2004, Profesor Dale memperoleh medali penghargaan Order of Australia (AO) dari Pemerintah Australia untuk jasa-jasanya kepada bioteknologi pertanian.  Pada 2008, Profesor Dale ditunjuk sebagai Distinguished Professor kedua untuk Queensland University of Technology.