Produk-Produk Unggulan Indonesia; Go Show Di Jepang

Produk-Produk Unggulan Indonesia; Go Show Di Jepang

Jakarta, Kabarindo- Pelaksanaan in-store promotion dengan tema “Indonesia In-store Festival 2012, from Spring to Autumn” ini merupakan bagian dari program promosi tahun 2012 yang bertujuan untuk mendorong eksistensi perupa/desainer Indonesia di pasar Jepang.

“Dengan terselenggaranya in-store promotion ini, maka upaya memperkenalkan produk-produk nasional unggulan tidak hanya tergantung pada ajang pameran internasional yang rutin diikuti dan lebih bersifat business to business,” kata Atdag Tokyo, Djatmiko Bris Witjaksono.

“Bagi para eksibitor Indonesia, in-store promotion merupakan kesempatan untuk menggali pengalaman, informasi dan pengetahuan mengenai karakteristik pasar Jepang termasuk selera konsumen, pengetahuan produk, tren, harga, desain dan produk sejenis lainnya (kompetitor) baik yang bermerek ataupun tidak,” lanjutnya.

Beberapa produk yang ditampilkan pada in-store promotion di Takashimaya Tamagawa dan Mitsukoshi Sendai kali ini adalah batik dan produk batik (tas, aksesoris, pakaian jadi), tenun dan produk tenun (obi kimono, selendang, pakaian jadi wanita), tas manik-manik, tas kulit reptil, tas kulit domba/sapi, perhiasan (perhiasan etnik dan tradisional, serta perhiasan dari kerang mutiara, batu, perak, dan emas).

Para eksibitor yang berpartisipasi pada Indonesia In-store Festival 2012 di Tokyo dan Sendai  seluruhnya merupakan pengusaha UKM nasional, yaitu: (1) Aulia Jewellery; (2) Megrania Jewellery; (3) Nahdi Jewellery; (4) Tenun AI (Alex Iskandar); (5) Scano Exotic; (6) Sumba Art; (7) Ardiyanto Batik dan (8) De Bough. Sebagian besar dari eksibitor tersebut merupakan desainer nasional terkemuka
dan telah memiliki pengakuan di tingkat nasional maupun internasional seperti Aulia Jewellery, Megrania, Tenun AI dan Ardiyanto Batik.

Kegiatan ini mendapat dukungan dari perwakilan Bank Indonesia dan kantor cabang BUMN di Tokyo seperti BNI 46, PT. Aneka Tambang dan Garuda Indonesia. Bahkan, Garuda Indonesia menyediakan 2 (dua) tiket gratis pulang pergi dengan rute Haneda-Denpasar sebagai hadiah utama dari program undian yang diberikan kepada masing-masing 1 pembeli pada Indonesia In-store Festival 2012 di
Takashimaya Tamagawa ataupun Mitsukoshi Sendai.

Menurut Djatmiko, hasil yang dicapai para eksibitor pada in-store promotion di Tokyo dan Sendai cukup memuaskan, baik dari aspek jangka pendek seperti penjualan ritel maupun jangka panjang seperti pembentukan branding, pengembangan profil atau kontrak bisnis. Beberapa eksibitor juga berhasil mendapat mitra bisnis baru yang telah sepakat melakukan kerja sama usaha terutama untuk mensuplai kebutuhan domestik di pasar Jepang seperti kain tenun obi kimono, perhiasan, tas kulit reptil dan tas manik-manik.

Kegiatan Indonesia In-store Festival 2012 di Mitsukoshi, Sendai, juga dikunjungi oleh Wakil Menteri Perdagangan RI Bayu Krisnamurthi yang secara bersamaan menghadiri ASEAN Road Show to Japan 2012 di Sendai dan Tokyo.

Wamendag berkesempatan berbincang-bincang dengan para eksibitor tentang filosofi, karakteristik, detil produk dan prospek ekspansi pemasaran produk dari masing-masing eksibitor di pasar Jepang.

Wamendag memberikan dorongan agar upaya-upaya untuk meningkatkan citra Indonesia di pasar Jepang perlu terus ditingkatkan, antara lain dengan melakukan kegiatan in-store promotion di berbagai lokasi strategis di kota-kota besar di wilayah Jepang.

In-store promotion di Mitsukoshi Sendai juga disemarakkan dengan penampilan seni budaya nusantara seperti tarian daerah, seni pencak silat dan musik angklung yang seluruhnya merupakan bentuk dukungan dari Tim Kesenian Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Sendai. Beberapa tarian daerah yang ditampilkan adalah tari Condong & tari Semirang (Bali), tari Piring (Sumbar), tari Saman
Likok Pulo (Aceh), Tari Maduppa (Makassar).