Produk Indonesia; Diminati Pengunjung Garderobe Autumn 2014

Produk Indonesia; Diminati Pengunjung Garderobe Autumn 2014

Jakarta, Kabarindo- Gerai Indonesia menjadi salah satu favorit para pengunjung dalam Garderobe Autumn 2014, yang berlangsung 22-25 Oktober 2014 di Crocus Expo International Exhibition Center, Moskow, Rusia.

Hal ini tampak dengan ramainya pengunjung ke gerai Indonesia dan produk-produk Indonesia yang dijajakan, laris manis terjual.

Garderobe merupakan pameran yang diselenggarakan dua kali dalam setahun pada bulan April (untuk tren musim semi) serta Oktober (untuk tren musim gugur). Partisipasi Indonesia pada Garderobe 2014 merupakan yang pertama kali.

Garderobe merupakan bagian dari pameran Intercharm 2014, XXI International perfumery and cosmetics exhibition dan merupakan perhelatan besar di Moskow yang menampilkan produk-produk internasional yang bertemakan fashion jewellery, precious jewellerry and accessories.

Sejumlah 13 negara peserta pameran dengan sekitar 230 merek ternama dunia, ikut ambil bagian menampilkan produk-produk unggulan perhiasan dan aksesori dari masing-masing negara untuk memikat para pembeli. Di samping Indonesia, beberapa perusahaan dari negara – negara ASEAN, seperti Thailand dan Singapura, serta Tiongkok, Korea, India, Prancis, Jerman, Italia, dan Amerika Serikat juga turut berpartisipasi.

Ramainya pengunjung dan pembeli dalam Garderobe Autumn 2014 mencapai ribuan, yang terdiri dari individu, internet shops, dan retail chains ternama dari berbagai wilayah di Rusia maupun dari negara tetangga Rusia, seperti Moldova, Kazakhstan, Belarus, dan Siberia.

Secara khusus, pengunjung yang datang pada pameran Garderobe, merupakan pembeli potensial yang memiliki minat pada fashion jewellery. Garderobe juga merupakan sarana bagi business-to-business (B2B) dalam industri perhiasan, aksesori dan produk kecantikan untuk saling bertemu, dan menemukan mitra dagang guna mengembangkan bisnisnya di segmen bisnis ini.

Bagi Indonesia, pameran ini juga merupakan kesempatan untuk industri perhiasan, aksesori, dan produk kecantikan Indonesia mulai memasuki pasar Rusia yang memiliki tingkat permintaan meningkat.

Peserta Indonesia, yang turut berpartisipasi dalam Garderobe Autumn 2014, membawa nama “National Pavillion Indonesia”. Peserta Indonesia, terdiri dari tiga perusahaan di bawah pembinaan Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Kecil Menengah (UMKM), dan Perdagangan Pemprov DKI Jakarta dan 1 perusahaan di bawah pembinaan Kementerian Perindustrian.

Produk-produk Indonesia yang ditampilkan dalam pameran, antara lain perhiasan dari batu alam, bros, asesoris etnik, batik tradisional, selendang sutra, tas, dompet, barang-barang yang terbuat dari kulit, baju dan kain etnik Indonesia. Keunikan dan kekhasan produk-produk Indonesia menjadi sorotan para pengunjung dan menambah kesemarakan Garderobe Autumn 2014. Produk-produk Indonesia yang ditampilkan pun ludes dibeli para pengunjung yang datang ke gerai Indonesia dalam pameran Garderobe.

Pada hari ketiga pameran Garderobe Autumn 2014, Djauhari Oratmangun, Dubes RI untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus, turut meninjau berlangsungnya pameran dan disambut baik oleh pihak penyelenggara tuan rumah Garderobe, yaitu Reed Exhibitions. Duta Besar RI untuk Rusia dan Republik Belarus menyampaikan ketertarikan Indonesia untuk secara berkelanjutan berpartisipasi dalam Pameran serupa dan akan mendorong partisipasi perusahaan Indonesia yang lebih luas, melihat antusiasme pengunjung yang sangat besar terhadap produk Indonesia.

Duta Besar juga menambahkan bahwa Indonesia saat ini terus berupaya mempromosikan industri ekonomi kreatif dan mendorong majunya produk–produk kecantikan yang berbasis ramuan tradisional Indonesia yang berpotensi untuk dapat diperkenalkan pada pasar Rusia.

Penyelenggaraan pameran ini menurut Duta Besar juga dapat memacu tumbuhnya industri kecil dan menengah di Indonesia yang berdaya saing internasional, sehingga termotivasi untuk berpartisipasi dalam pameran sejenis seperti dilansir dari laman beritasatu.