Presiden SBY; Gelar Rapat Paripurna Bahas BPJS

Presiden SBY; Gelar Rapat Paripurna Bahas BPJS

Jakarta, Kabarindo- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Siang tadi pukul 14.00 WIB akan menggelar rapat paripurna Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II, di Kantor Kepresidenan, Jakarta.

Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha mengatakan terdapat tiga isu penting yang akan menjadi topik pembahasan dalam rapat, yang juga akan dihadiri Wakil Presiden Boediono.

“Pertama mengenai review ekonomi nasional tahun 2014, kemudian pemberlakuan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), dan terakhir persiapan menyambut Natal dan Tahun Baru 2014,” kata Julian di Jakarta, Kamis (19/12).

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) adalah badan hukum nirlaba yang menjadi penyelenggara program jaminan sosial, berdasarkan Undang Undang (UU) Nomor 40 Tahun 2004 dan UU Nomor 24 Tahun 2011.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2011, BPJS akan menggantikan sejumlah lembaga jaminan sosial di Indonesia yaitu, lembaga asuransi jaminan kesehatan PT Askes dan lembaga jaminan sosial ketenagakerjaan, PT Jamsostek. Transformasi PT Askes dan PT Jamsostek menjadi BPJS dilakukan secara bertahap. Pada awal 2014, PT Askes akan menjadi BPJS Kesehatan, selanjutnya pada 2015, PT Jamsostek menjadi BPJS Ketenagakerjaan seperti dilansir dari laman beritasatu.