Presiden Resmikan Jalan Tol Bali; Sambut APEC 2013

Presiden Resmikan Jalan Tol Bali; Sambut APEC 2013

Jakarta, Kabarindo - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Senin (23/9) besok.

Ia akan meresmikan pengoperasian jalan tol Bali, yang menghubungkan antara Nusa Dua dan Benoa.

Jalan tol yang menghabiskan biaya Rp 2,4 trilun itu, sedianya diresmikan pada 12 September 2013. Namun, peresmian ditunda karena padatnya agenda Presiden SBY.

Pada kesempatan itu, Kepala Negara juga dijadwalkan meresmikan perluasan Bandara Internasional Ngurah Rai dan mengecek persiapan akhir Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC), yang akan digelar di Bali, pada 1 – 8 Oktober 2013.

Jalan tol Bali yang membentang di atas Laut Bali menarik perhatian luas masyarakat, karena pembangunannya tercatat sebagai yang tercepat dalam sejarah pembangunan jalan tol di Indonesia, yaitu dalam kurun waktu 12 bulan untuk ruas tol sepanjang 12 km.

Menteri BUMN, Dahlan Iskan optimistis sistem pembangunan dan keindahan jalan tol pertama di Bali sangat menunjang pariwisata Bali, khususnya untuk mengurai kemacetan di daerah itu.

Jalan tol itu yang memiliki jalur sepeda motor di bagian bawahnya, dilengkapi alat pengukur kecepatan angin. Disaat arus angin menunjukkan kecepatan 40 knot, maka motor tidak diperkenankan melintas seperti dilansir dari laman beritasatu.