Presiden RI Jokowi; Senin Hari Ini Siap Lantik Pimpinan Baru KPK

Presiden RI Jokowi; Senin Hari Ini Siap Lantik Pimpinan Baru KPK

Jakarta, Kabarindo- Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (21/12).

Hari ini akan melantik lima pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), periode 2015-2019 di Istana Negara, Jakarta.

Lima pimpinan KPK yang akan dilantik terdiri atas Agus Rahardjo, Basaria Pandjaitan, Alexander Marwata, Saut Situmorang dan Laode Muhamad Syarif.

Rapat pleno DPR RI, pada Kamis (17/12) telah menetapkan kelima nama tersebut sebagai komisioner KPK. Agus Rahardjo yang menjabat Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) terpilih sebagai Ketua KPK.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyatakan menghormati keputusan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI yang telah memilih lima pimpinan KPK.

Presiden Jokowi berharap pimpinan KPK terpilih dapat bersinergi dengan pemerintah beserta jajaran lembaga negara. Sebab, pemerintah membutuhkan KPK untuk meningkatkan upaya pemberantasan korupsi.

“Saya berkomitmen untuk terus memperkuat KPK. Saya kira yang paling penting adalah sinergi antara KPK dan seluruh jajaran lembaga negara. Jajaran pemerintah memang perlu diperkuat,” katanya.

Selain itu, Presiden Jokowi juga meminta publik menilai kinerja para pimpinan KPK. Dia mengaku tidak bisa memberikan penilaian apapun karena kelima pimpinan KPK belum bekerja.

“Nanti kita lihat. Mereka belum bekerja, jangan dikomentari dulu. Kalau sudah bekerja, baru bisa menyampaikan kritik atau sarannya. Dilantik saja belum,” kata dia seperti dilansir dari laman beritasatu.