Presiden Jokowi; Siap Kejar Target Swasembada Pangan

Presiden Jokowi; Siap Kejar Target Swasembada Pangan

Makasar, Kabarindo- Presiden Joko Widodo.

Ia mengatakan pemerintahannya mengejar target swasembada pangan dalam masa tiga tahun.

"Ini targetnya sama, seperti yang saya sampaikan di (Kabupaten) Sindrap dalam tiga tahun swasembada, tidak impor," katanya seusai mengikuti acara panen di Desa Barang Palie, Kecamatan Lanrisang, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, Rabu.

Presiden Jokowi selama 5-6 November 2014 mengadakan kunjungan kerja ke Wilayah Pulau Sulawesi.

Pada Rabu (5/11), Presiden melakukan blusukan ke Desa Mojong Bendoro, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, untuk meresmikan sarana saluran irigasi. Setelah itu dilanjutkan dengan mengikuti panen di Desa Barang Palie, Kecamatan Lanrisang, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan.

Presiden Jokowi mengatakan, Sulawesi Selatan akan dijadikan kawasan lumbung padi nasional di wilayah Timur.

Untuk itu, berbagai perbaikan terutama irigasi menjadi prioritas untuk meningkatkan produksi. Meski, Sulawesi Selatan saat ini telah surplus produksi padi.

"Kita juga melihat di Sulsel ini produksi sudah surplus, tetapi dengan perbaikan-perbaikan itu produksinya akan meningkat 35 persen. Ini yang kita kejar, karena ada beberapa tempat beberapa lokasi yang irigasinya belum direhabilitasi," kata Presiden.

Kunjungan kerja ke Sulawesi merupakan yang kedua kalinya setelah sebelumnya Presiden Jokowi meninjau para pengungsi Sinabung di Sumatera Utara.

Presiden Jokowi dalam kunjungan kerja kali ini di dampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo serta beberapa menteri, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman seperti dilansir dari laman antaranews.