Presiden Jokowi; Dijadwalkan Sambangi Sulbar

Presiden Jokowi; Dijadwalkan Sambangi Sulbar

Mamuju, Kabarindo- Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan berkunjung ke Provinsi Sulawesi Barat September 2015 untuk meresmikan sejumlah proyek infrastruktur yang telah dilaksanakan pemerintah setelah delapan tahun Sulbar membangun daerahnya.

Kepala Biro Humas Pemprov Sulbar, Muhammad Hamzih di Mamuju, Rabu, mengatakan, Presiden Jokowi akan kembali berkunjung ke Sulbar pada September 2015 mendatang.

Ia mengatakan, pemerintah di Sulbar telah membahas kunjungan Presiden Jokowi ke Sulbar untuk yang ketiga kalinya selama 2015, dan Presiden sendiri telah menyatakan siap berkunjung ke Sulbar untuk meresmikan sejumlah proyek pembangunan infrastruktur.

Menurut dia, Presiden akan meresmikan sejumlah proyek pembangunan infrastruktur yang telah dibangun pemerintah di Sulbar selama delapan tahun terakhir dengan menggunakan anggaran pemerintah pusat, proyek itu antara lain Pelabuhan Belang-Belang Mamuju, Bandara Tampapadang Mamuju serta jalan Nasional sepanjang 544 kilometer dan kantor Gubernur dan DPRD Sulbar yang dibangun di Kelurahan Rangas, Kabupaten Mamuju rumah sakit dan infrastruktur lainnya.

Pelabuhan Belang Belang Mamuju dibangun dengan anggaran APBN Rp96 miliar, saat ini telah memiliki panjang dermaga 160 meter dengan kapasitas 10.000 ton.

Sementara Bandara Tampapadang Mamuju sudah memiliki panjang landasan pacu 2.500 meter setelah mendapat bantuan APBN Rp57 miliar tahun 2010 dan direncanakan mendapat tambahan anggaran lagi sekitar Rp79 miliar tahun 2011, bandara itu juga lebih layak karena telah dapat didarati pesawat Boeing Seri 7.400.

Kemudian jalan nasional yang panjangnya 544 kilometer yang sebelumnya 80 persen rusak kini hanya sekitar 20 persen yang rusak setelah dibiayai dengan anggaran sekitar Rp120 miliar, meski perbaikan jalan nasional di Sulbar membutuhkan anggaran sekitar Rp1,8 triliun agar jalannya lebih memadai dari sebelumnya.

Selain itu, sarana perkantoran Gubernur dan DPRD Sulbar serta sejumlah instansi di lingkup Pemerintah Provinsi Sulbar di kelurahan Rangas yang menelan anggaran APBN hingga Rp68 miliar sejak tahun 2009 serta menelan anggaran APBD sekitar Rp19,8 miliar pada tahun 2011.

Ia berharap kunjungan Presiden di Sulbar akan semakin meningkatkan pembangunan di Sulbar untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat seperti dilansir dari laman antaranews.