Premier Inn Surabaya Juanda; Ajak Peduli Kanker Dengan Yoga

Premier Inn Surabaya Juanda; Ajak Peduli Kanker Dengan Yoga

Surabaya, Kabarindo-  Hari Kanker Sedunia sudah berlalu, namun tetap relevan untuk diperingati.

Hal ini dilakukan Hotel Premier Inn Surabaya Juanda dengan menggandeng RS Onkologi Surabaya dengan mengadakan kegiatan yoga “Begin to Breathe” yang berlangsung di ruang utama rumah sakit tersebut.

Kegiatan ini juga melibatkan beberapa yayasan seperti Yayasan Kanker Indonesia cabang Jawa Timur dan Yayasan Kanker Wisnuwardhana serta diikuti 50 orang yang terdiri dari pasien maupun survivor kanker.

Menurut Budi Prihardjanto, General Manager Premier Inn Surabaya, pihaknya mengadakan kegiatan yoga karena peduli terhadap penderita kanker.

“Bicara soal kanker, masalah yang muncul tidak hanya cara bagaimana mengatasi penyakitnya secara fisik. Namun juga penting secara psikologis,” ujarnya pada Selasa (28/2/2017).

Para peserta yoga mendapatkan penjelasan mengenai manfaat berlatih yoga, yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu mengurangi tingkat stres dan dapat tidur lebih baik. Yoga seperti Thus Yoga dianjurkan untuk semua penderita kanker, dikombinasikan dengan latihan pernapasan restoratif untuk membantu memperbaiki pola tidur mereka.

Adi Susanto, Kepala Departemen Pengembangan Bisnis RS Onkologi Surabaya, mengatakan yoga memang bukan penyembuh untuk kanker. Namun yoga bisa membuat jiwa penderitanya jauh lebih tenang. Pada dasarnya gerakan yoga untuk pasien kanker disesuaikan dan dipastikan aman dilakukan sesuai dengan kondisi mereka.

“Mereka yang didiagnosis kanker pasti merasa down, sehingga yoga hadir sebagai alternatif untuk mereka yang ingin menenangkan diri dan kembali punya semangat hidup,” ujarnya.

Budi berharap, kegiatan serupa bisa digelar setiap tahun untuk terus menebarkan kesadaran dan kepedulian terhadap kanker.