Pop Camp Di Gelar Lagi; Alternatif Kegiatan Berkualitas

Pop Camp Di Gelar Lagi; Alternatif Kegiatan Berkualitas

Jatiluhur, Jawa Barat, Kabarindo– Dalam rangka mendekatkan anak muda Indonesia dengan alam dan kehidupan nyata masyarakat.

Sebuah acara camping bermuatan lingkungan dan sosial bernama Pop Camp diselenggarakan selama tiga hari berturut-turut untuk mengisi hari libur mereka dengan kegiatan positif yang berbeda dari kehidupan rutin sehari-hari.

Pop Camp pertama ini diikuti oleh 165 anak muda berumur 16-18 tahun atau setingkat SMA dari Jakarta di kawasan pegunungan Desa Jatimekar, Purwakarta Jawa Barat. Selain memuat kegiatan luar ruangan (outdoor) yang atraktif dan interaktif, Pop Camp juga menyuguhkan muatan materi dari para inspirator yang dekat dengan anak muda, dan menerjunkan peserta untuk hidup dan berinteraksi langsung dengan masyarakat sekitar.

Bayu Sutiyono dari RoSi Inc. sebagai pihak penyelenggara Pop Camp mengemukakan latar belakang diselenggarakannya acara ini, “Saat ini, kami melihat banyak sekali anak muda yang  belum maksimal memanfaatkan masa liburan mereka yang durasinya cukup panjang.

Terlebih di daerah perkotaan, para orang tua terkadang juga kesulitan mencari kegiatan berkualitas dan positif untuk anak-anak mereka yang beranjak dewasa. Berangkat dari keadaan tersebut, kami ingin menciptakan sebuah kegiatan yang sederhana, terjangkau, dan berbobot untuk menyalurkan bakat dan energi anak-anak muda dalam mengisi liburan sekolah mereka. Pop Camp merupakan perwujudan dari cita-cita tersebut yang diharapkan dapat memberikan pengalaman tidak terlupakan seumur hidup mereka.”

Mitra Pop Camp lainnya yaitu Antonius Sujarwanto dari Trivi, sebuah penyedia jasa outbond yang sudah berpengalaman mengadakan berbagai variasi acara camping menuturkan,”Alam Indonesia yang sangat kaya dan penduduknya yang bervariasi membuat Indonesia menjadi tujuan pariwisata bagi turis mancanegara. Camping merupakan salah satu upaya untuk mengenalkan dan menumbuhkan kecintaan anak muda Indonesia terhadap kekayaan tersebut dengan cara yang menyenangkan. Kami harap secara perlahan, mereka mulai belajar menghargai kekayaan dan kearifan lokal sebagai bagian dari  pembentukan identitas diri mereka kelak di masa depan.”

Untuk melengkapi kegiatan fisik yang didesain oleh Trivi, Pop Camp juga menghadirkan beberapa pemateri yang dekat dan memahami kehidupan anak muda yaitu, Vivid Fitri Argarini - Young Motivator, Media and Communication Expert, and Education Counselor  yang dan Rosiana Silalahi – pembawa acara TV dan praktisi media.

“Saya sangat bersemangat untuk membantu anak-anak muda Indonesia menemukan jati diri dan bakatnya yang dapat diasah sedini mungkin. Berbagai kendala yang dihadapi pada masa remaja sebaiknya disalurkan menjadi kegiatan yang bersifat membangun karakter mereka kelak dan memfokuskan energi mereka untuk mencapai tujuan masa depan. Materi saya akan berkisar seputar bagaimana anak muda dapat melakukan sebuah manajemen proyek yang menantang mereka untuk bekerja sama dalam tim maupun secara individu untuk mewujudkan cita-cita tersebut.” tutur Vivid Fitri Argarini.

Rosianna Silalahi menambahkan,”Pop Camp adalah simulasi kecil dari kehidupan nyata yang akan dihadapi para remaja di masa mendatang. Program ini akan menjadi kesempatan yang sangat baik bagi para peserta untuk bertemu, berkomunikasi dan bekerjasama secara langsung dengan sesama pemuda dari sekolah lain dan yang berasal dari latar belakang berbeda.”

Sebagai penutup, Bayu Sutoyono menuturkan, “Pop Camp ini diharapkan menjadi sebuah pilot project yang akan menghasilkan anak-anak muda berkualitas yang diharapkan dapat menjadi bagian dalam menggulirkan Pop Camp edisi berikutnya dengan muatan lebih baik dari tahun ini. Sebagai pihak penyelenggara, kami akan membantu mendampingi mereka dan merasa bertanggung jawab mengembangkan bakat mereka melalui jalur yang kami miliki.” tutup Bayu Sutiyono.