Phapros 2014; Punya Obat Murah

Phapros 2014; Punya Obat Murah

Semarang, Kabarindo- PT Phapros Tbk Semarang memroduksi obat murah yang diperuntukkan bagi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dengan mengefisienkan bahan baku tetapi tetap menguntungkan perusahaan.

"Kami bermain di kapasitas dan bagaimana industri bisa mendapatkan bahan baku yang berkualitas tetapi juga murah sehingga kalau beli banyak otomatis harga bisa bersaing," kata Direktur Produksi PT Phapros, Barokah Sri Utami, di Semarang, Minggu (15/6).

Dari 250 jenis obat yang diproduksi Phapros, kata dia, 30 di antaranya untuk memenuhi kebutuhan BPJS dan Phapros hanya memilih jenis obat yang bisa masuk hitungan.

"Pemilihan jenis obat untuk BPJS ini kan ditawarkan melalui e-katalog, tentu kami memilih yang ada keuntungannya bagi perusahaan," jelasnya.

Mengenai kondisi tersebut, Barokah berharap agar ke depan ada masukan dari pemerintah terkait harga yang lebih akurat.

"Kalau bisa dari semua harga obat yang ditawarkan oleh e-katalog tersebut masuk semua sehingga bisa kami produksi," jelasnya.

Barokah menilai belum ada perencanaan dan koordinasi yang baik untuk program BPJS di tahap 2013-2014, namun demikian kondisi tersebut terjadi karena merupakan tahapan awal dari program tersebut sehingga perlu ada evaluasi.

"Ini menjadi pembelajaran di industri farmasi secara keseluruhan bahwa untuk untuk memproduksi obat murah dengan kapasitas besar tidak bisa satu atau dua tahun dipikirkan tetapi harus melalui persiapan yang matang," jelasnya.

Sementara itu Barokah melihat masih ada potensi lain yaitu produksi obat untuk masyarakat yang memiliki kemampuan dan kemauan untuk berobat sendiri.

"Justru potensi industri farmasi mengarah ke sana yaitu penjualan obat OTC (Over The Counter) atau bisa dibeli langsung tanpa resep dokter misalnya Antimo dan obat penurun panas," jelasnya seperti dilansir dari laman beritasatu.