Pertamina; Siapkan Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi

Pertamina; Siapkan Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi

Surabaya, Kabarindo- Pertamina kembali mengadakan Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi Indonesia (OSN-PTI) dengan menggandeng Perguruan Tinggi Negeri (PTN) seluruh Indonesia.

Perhelatan akbar yang cukup bergengsi di kalangan mahasiswa ini disosialisasikan melalui video conference dengan Ditjen Dikti Kemdikbud secara serentak di beberapa PTN, salah satunya di kampus ITS pada Rabu (20/8/2014).

Rektor ITS, Prof. Dr. Ir. Tri Yogi Yuwono DEA mengatakan bahwa regional Jawa Timur yang dikoordinasi oleh ITS akan menghadirkan 800 peserta. Regional ini meliputi seluruh PTN yang berada di Jawa Timur seperti Universitas Airlangga (Unair), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Jember (Unej), Universitas Trunojoyo Madura (UTM) dan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA). Sedangkan untuk regional Malang dikoordinasi oleh Universitas Brawijaya (UB).

Tri Yogi menargetkan jumlah pendaftar OSN meningkat jadi 800 peserta.dibandingkan pada tahun lalu sebesar 600 peserta. Total target peserta adalah 25.000 peserta.

Ia  mengimbau agar gaung promosi oleh panitia pusat lebih ditingkatkan terkait pelaksanaan OSN 2014 yang akan dilaksanakan pada 25 September mendatang.

Dirjen Dikti, Prof. Djoko Santoso, berharap para petinggi PT bersedia membantu untuk memberikan informasi mengenai olimpiade ini kepada masyarakat.

Dalam OSN ini terdapat dua kategori lomba yaitu kompetisi Teori dan Project Sains. Kompetisi Teori meliputi OSN di bidang matematika, fisika, kimia dan biologi. Sedangkan Project Sains meliputi rancang bangun instrumen, aplikasi perangkat lunak dan lain-lain.

Dekan FMIPA ITS yang ditunjuk sebagai koordinator panitia regional Jawa Timur, Prof. Dr. R Y Perry Burhan MSc. menyebutkan ada 100 peserta yang telah mendaftarkan diri.

Perry mengatakan peserta OSN tidak harus dari FMIPA, jurusan lain pun bisa mengikuti lomba ini. Ia berharap, tahun ini ITS dapat memiliki juara di masing-masing bidang yang dilombakan. Pada tahun lalu, ITS menjadi juara I bidang Matematika dan juara II bidang Kimia.