Perhumas Gandeng Bakohumas Kominfo RI; Siap Saling Berkolaborasi

Perhumas Gandeng Bakohumas Kominfo RI; Siap Saling Berkolaborasi

Mataram, Kabarindo– Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (PERHUMAS) yang diwakili oleh KetuaUmum, Prita Kemal Gani, MBA, MCIPR, APR dan Badan Koordinasi Kehumasan Pemerintah (BAKOHUMAS) yang diwakili oleh Freddy H. Tulung, MUA.

Mereka menandatangani Nota Kesepahaman Bersama disaksikan oleh Menteri Komunikasi dan Informasi selaku Pembina BAKOHUMAS, Tifatul Sembiring di sela acara Pertemuan Bakohumas Regional Indonesia Timur 2013.

Dalam Nota Kesepahaman Bersama ini diuraikan mengenai tujuan utama kerjasama kedua organisasi, yakni untuk mendukung peningkatan kompetensi Humas pemerintah. Selanjutnya dikemukakan pula pada ruang lingkup kerjasama yang menjadi perhatian dari dua organisasi ini sebagaimana ditekankan dalam Pasal 2 Ayat (2) adalah untuk mempercepat proses pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).

Lebih lanjut, untuk mendukung peningkatan kompetensi Humas pemerintah itu pula, nantinya akan dibentuk Kelompok Kerja (POKJA) yang antara lain tugasnya adalah membantu proses penyelesaian pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi Humas Indonesia.

Selain itu POKJA akan menyusun modul dan menyediakan tenaga/narasumber, sarana dan prasarana, peserta, asesor, serta jadwal kegiatan bimbingan teknis bidang Humas yang disepakati para pihak. Selain itu POKJA pun menyosialisasikan Kegiatan Peningkatan Kualitas SDM dan Humas Pemerintah serta LSP kepada seluruh BAKOHUMAS, BAKOHUMASDA, dan PERHUMAS.

“Kerjasama ini diharapkan dapat menjadi sarana kondusif untuk meningkatkan kualitas dan profesi Humas Indonesia,” Ujar Prita Kemal Gani, KetuaUmum PERHUMAS. “Kerjasama BAKOHUMAS dan PERHUMAS ini merupakan fenomena baru yang menyatukan Humas pemerintah dan Humas swasta yang jumlahnya ribuan di Indonesia, dan hal ini merupakan kemajuan dalam bidang kehumasan, karena bersama-sama kita akan mencapai yang lebih tinggi dan lebih baik” tambahnya.

Acara penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama ini dirangkaikan pula dengan peluncuran buku “Standar Kompetensi Menuju Humas Profesional” yang diterbitkan oleh STIKOM The London School of Public Relations - Jakarta. Buku yang disusun Dr. Felix Jebarus bersama Muslim Basya, SE., MBA itu mendeskripsikan secara rinci tiga kategori kompetensi yang mutlak dimiliki para Humas yaitu Kompetensi Umum, Kompetensi Inti, dan Kompetensi Khusus.