Perbankan Syariah Sumatera Utara; Tumbuh Positif

Perbankan Syariah Sumatera Utara; Tumbuh Positif

Medan, Kabarindo- Ekspansi usaha perbankan syariah di Sumatera Utara pada 2013 tumbuh positif yang ditandai dengan peningkatan aset, dana pihak ketiga dan pembiayaan perbankan itu.

"Aset perbankan syariah pada triwulan III naik 3,68 persen dibandingkan posisi triwulan II atau menjadi Rp9,58 triliun," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah IX, Hari Utomo, di Medan, Senin.

Peningkatan aset perbankan syariah itu menggembirakan karena terjadi di tengah perkembangan terus perbankan konvensional serta marak lembaga keuangan nonbank.

Semakin menggembirakan, karena dana pihak ketiga (DPK) maupun pembiayaan (kredit) perbankan syariah juga bertumbuh positif.

DPK perbankan syariah sebesar Rp5,69 triliun atau naik 3,83 persen dari triwulan II, sedangkan pembiayaan juga naik 3,07 persen atau Rp7,38 triliun.

"Naiknya aset, DPK dan pembiayaan perbankan syariah di Sumut pada tahun ini menunjukkan tingkat kepercayaan masyarakat yang semakin tinggi,"katanya.

Meski sudah bertumbuh semakin baik tetapi pemerintah tetap menilai bahwa perbankan syariah itu harus terus didukung seperti dilansir dari laman antaranews.