Pentingnya Olahraga; Untuk Anak Indonesia

Pentingnya Olahraga; Untuk Anak Indonesia

Surabaya, Kabarindo- Olahraga penting bagi bagi orang dewasa maupun anak – anak. Pada anak – anak, olahraga atau aktivitas fisik beperan penting bagi pertumbuhan yang optimal.

Dr. Dadang Rona S, SpOT., dari RS Husada Utama Surabaya, mengatakan anak - anak dengan kondisi tubuh yang bugar, cenderung memiliki kemampuan yang lebih baik dalam mengatasi tantangan fisik dan emosi.
 
“Anak yang berolahraga secara teratur diyakini akan lebih sehat, gembira, mudah menyesuaikan diri sehingga mudah berteman. Selain itu, olahraga dapat mencegah obesitas pada anak,” ujarnya pada Rabu (15/1/2013).

Menurut dr. Dadang, terkadang banyak orang tua menganggap sudah merasa cukup bila anak sudah mengkonsumsi suplemen ataupun susu untuk pertumbuhan tulang. Padahal tidak demikian, karena susu ataupun suplemen itu merupakan bahan baku saja. Namun harus dilakukan aktivitas fisik atau olahraga agar pertumbuhan tulang maksimal.

Ia menekankan, olahraga penting untuk pertumbuhan tulang karena meningkatkan kekuatan tubuh, memperbaiki postur tubuh, meningkatkan keseimbangan untuk mencegah jatuh dan meningkatkan massa otot untuk bantalan tulang jika jatuh.

“Olahraga sebaiknya dilakukan di luar ruang pada saat pagi atau sore. Olahraga pagi membuat anak - anak dapat menyerap vitamin D dari matahari yang bagus untuk pembentukan tulang,” ujar dr.Dadang.

Ia  menambahkan, orang tua sebaiknya membantu anak untuk melakukan olahraga secara teratur, mengingatkan anak agar melakukan pemanasan dan pendinginan, serta mengawasi jangan sampai anak terkena dehidrasi karena terlalu asyik berolahraga.

“Nah, mulailah mengoptimalkan tumbuh kembang anak Anda dengan pemenuhan nutrisi seimbang serta mengajak anak berolah raga,” ujar dr. Dadang.