Pentingnya Merayakan Momen Wow; Untuk Tumbuh Kembang Si KeciI

Pentingnya Merayakan Momen Wow; Untuk Tumbuh Kembang Si KeciI

Surabaya, Kabarindo- Setiap orang tua tentu senang dan bangga jika anaknya yang berusia di bawah 6 tahun mengalami tumbuh kembang secara sempurna.

Tumbuh kembang anak ditandai dengan hal-hal baru yang menunjukkan perkembangan kemampuan anak sesuai usianya misalnya mulai bisa berjalan, belajar makan sendiri, memakai baju sendiri dan lainnya.

Hal ini disebut sebagai momen wow yang perlu mendapat perhatian lebih dari orang tua dan memberikan apresiasi kepada si anak. Sayangnya momen ini sering luput dari perhatian orang tua sehingga berlalu begitu saja, padahal anak akan senang dan bangga jika hal positif yang dilakukannya mendapat apresiasi dari orang tua.

Untuk itu, PT Frisian Flag Indonesia melakukan sosialisasi mengenai kampanye ‘Merayakan Momen Wow', suatu bentuk perayaan atas pencapaian momen tumbuh kembang pada anak usia di atas 1 tahun. Kegiatan ini berupa talkshow yang berlangsung di Auditorium Universitas Airlangga Kampus C pada Kamis (14/8/2014). Juga diadakan kegiatan edukatif yang melibatkan 400 anak dan ibu dari komunitas PAUD di Surabaya.

Kegiatan tersebut diantaranya permainan seru merangkai robot dan story telling bersama Ryan Syahrezade yang dipercaya dapat menjadi stimulasi untuk tumbuh kembang si kecil pada usia jelajah (1-3 tahun) dan karya (4-6 tahun).

“Orang tua perlu mengapresiasi dengan merayakan momen wow si kecil yang terbukti berdampak positif terhadap tahap tumbuh kembang si kecil se|anjutnya. Melalui kampanye ini, kami mendorong orang tua untuk memahami manfaat perayaan momen wow,” kata Andrew F. Saputro, Head of Public and Regulatory Affairs PT Frisian Flag Indonesia.

Talkshow menghadirkan pembicara Dr.dr.Ahmad Suryawan, SpA(K) dari RSUD dr.Soetomo Surabaya dan psikolog Rosdiana Setyaningrum, M.Psi.,MHPEd. Dr.Wawan, sapaan dr.Suryawan, menyampaikan faktor penting dalam mendukung tahap tumbuh kembang si kecil. Sedangkan Diana, sapaan Rosdiana, memaparkan tentang momen wow.

Dr. Wawan mengatakan, 6 tahun pertama kehidupan si kecil merupakan masa paling kritis dalam perkembangan fisik dan otaknya yang akan menentukan kecerdasan mereka pada masa depan. Orang tua berperan penting dalam memberikan nutrisi yang seimbang sesuai tahapan usia si kecil, serta stimulasi yang mendukung kemampuannya dalam berpikir, berkomunikasi, menjelajah dan berkarya untuk membantu pencapaian momen wow.

Diana menambahkan, apresiasi kepada si kecil diyakini mampu memberikan dampak yang kuat terhadap pertumbuhannya pada tahap selanjutnya, terutama pada aspek psikososial, yang mampu menjadi motivasi untuk semakin mendiri.

“Apresiasi ini tak harus berupa sesuatu yang mahal, namun bisa dalam bentuk pujian atau pelukan. Si kecil akan selalu mengingat apresiasi dari orang tua atas keberhasilannya dan akan meningkatkan rasa percaya dirinya,” ujarnya.

Menurut Diana, pencapaian dan perasaan kompeten merupakan elemen penting bagi pertumbuhan emosi yang sehat pada anak terkait dengan penghayatan diri yang positif, kemampuan mengelola dan kontrol diri. Semua ini merupakan salah satu modal utama si kecil dalam memasuki ranah sosial pada masa datang.

“Apresiasi orang tua dan perayaan momen penting khususnya pada tahun-tahun pertama kehidupan si kecil akan memotivasinya untuk mengoptimalkan kemampuan terbaiknya,” ujar Diana.