Pentingnya Menjaga Kesehatan Pencernaan; Dengan Probiotik

Pentingnya Menjaga Kesehatan Pencernaan; Dengan Probiotik

Surabaya, Kabarindo- Sistem pencernaan merupakan bagian vital yang wajib dipelihara agar berfungsi maksimal karena tubuh kita mendapatkan nutrisi melalui sistem pencernaan.

Jika sistem pencernaan baik, maka penyerapan nutrisi akan maksimal sehingga tubuh menjadi sehat dan kuat.

Gangguan pada sistem pencernaan umumnya disebabkan oleh makan tidak teratur, menunda makan, makan terlalu kenyang, makan sambil minum air terus menerus, makan terlalu cepat sehingga tidak mengunyah makanan dengan sempurna, stres berkepanjangan yang dipercaya mampu meningkatkan aktivitas sekresi pada lambung serta organ yang tidak berfungsi semestinya seperti gigi yang tidak lengkap.

Kondisi tersebut jika terjadi terus menerus, berkelanjutan serta dibiarkan bisa menimbulkan penyakit pada sistem pencernaan seperti sakit gigi, gastritis, sariawan, diare, konstipasi (sembelit) dan maag.

Probiotik adalah bakteri menguntungkan yang secara alamiah terdapat di dalam sistem pencernaan yang disebut juga flora normal atau bakteri menguntungkan yang sengaja dikembangbiakkan sebagai suplemen makanan/minuman. Jika dikonsumsi dalam jumlah seimbang akan berdampak positif bagi kesehatan saluran cerna.

Pada umumnya probiotik yang dikonsumsi masyarakat adalah bakteri jenis Lactobacillus, Bifidobacterium dan Enterococcus. Secara fisiologis, probiotik dapat bertahan hidup dalam saluran cerna karena memiliki ketahanan terhadap asam lambung dan cairan empedu. Probiotik juga dapat melekat pada sel epitel lapisan mukosa saluran cerna. Probiotik berguna untuk membantu menangani gangguan yang menyerang sistem pencernaan seperti di atas.

Sebenarnya setiap orang memiliki lebih dari 1.000 spesies bakteri yang hidup dalam saluran pencernaan. Ketika kita minum antibiotik, obat ini dirancang untuk membunuh bakteri penyebab penyakit, tetapi juga membunuh flora usus sehat yang membantu kita mencerna makanan. Bahkan kadang pasien yang melaporkan minum antibiotik mengalami diare yang disebabkan oleh antibiotik. Solusinya, dokter meresepkan berbagai produk yang mengandung probiotik sehingga saluran pencernaan dipenuhi kembali dengan bakteri baik.

Head of Product Marketing Department PT Citra Nusa Insan Cemerlang (CNI), Lingke Tirtakencana, mengatakan probiotik bermanfaat untuk pasien dengan sindrom iritasi usus yang sulit diobati dengan gejala seperti nyeri perut, kram, kembung, diare dan sembelit. Probiotik juga membantu mengelola pencernaan secara keseluruhan pada pasien yang tidak memiliki masalah pencernaan.

“Bakteri baik membantu mendorong bakteri jahat keluar dari usus. Bila usus besar diisi dengan bakteri baik maka tidak akan ada lagi tempat bagi bakteri jahat,” ujarnya akhir pekan kemarin.

Kita dapat menjaga supaya jumlah probiotik tetap lebih banyak ketimbang bakteri patogen yaitu dengan menghindari stres. Bagi sebagian besar orang yang mengalami stres, biasanya asupan makanan menjadi tidak terkontrol atau bahkan tidak ada asupan sama sekali. Jangan minum alkohol dan minuman bersoda, karena akan mematikan bakteri yang baik. Hindari merokok, karena menyebabkan jumlah bakteri menguntungkan cenderung berkurang.
Hindari gula, karena menyebabkan absorbsi makanan menjadi tidak baik. Hindari makanan berkolesterol seperti lemak, jeroan dan makanan cepat saji. Perbanyak makanan yang kaya serat seperti buah dan sayur.

CNI menawarkan BioPlus, suplemen Sinbiotik yang mengandung probiotik dan prebiotik. Prebiotik dalam BioPlus adalah Oligosakarida yaitu media untuk pertumbuhan probiotik dan bakteri menguntungkan. Ada 3 jenis probiotik yang bekerja sinergis dan lengkap di usus 12 jari, usus halus sampai usus besar, yaitu Clostridium butyricum, Bacillus mesentericus dan Bifidobacterium.

BioPlus juga mengandung serat makanan yang membantu fungsi pencernaan, Ester-C, yg memiliki nilai antioksidan tinggi untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, Vitamin B1, B2, B6 yang membantu metabolisme tubuh serta enzim yang membantu proses pencernaan.

“BioPlus menjaga keseimbangan flora dalam usus dengan menekan pertumbuhan bakteri merugikan, meningkatkan pertumbuhan bakteri menguntungkan, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mengatur jumlah air dan elektrolit dalam usus. Juga membantu mengatasi diare akibat tidak tahan laktosa dalam susu dan hasil olahannya,” ujar Lingke.

BioPlus berbentuk serbuk sehingga tidak memerlukan lingkungan khusus untuk mempertahankan kehidupan bakteri serta dikemas dalam stik aluminium yang mempertahankan kestabilan bakteri.

Dianjurkan untuk mengonsumsi BioPlus secara rutin bagi mereka yang memiliki masalah pencernaan seperti perut sering kembung, kotoran berbau busuk, sering sembelit, diare atau menderita lactosa intolerance. Juga bagi perokok, peminum alkohol, pengguna antibiotik/ obat-obatan, sering stres dan sering melakukan perjalanan jauh.