Pentas Seni Tiga Etnis; Meriahkan Pekan Batik

Pentas Seni Tiga Etnis; Meriahkan Pekan Batik

Pekalongan, Kabarindo- Pentas seni tiga etnis akan memeriahkan pameran Pekan Batik Nusantara 2014 di Kota Pekalongan, Jawa Tengah, yang digelar 8-12 Oktober mendatang.

Ketua Paguyuban Rahayu Raras Kota Pekalongan, Karya Budiman, di Pekalongan Senin mengatakan bahwa pentas seni yang akan melibatkan tiga etnis berbeda, yaitu Jawa, Arab, dan Tionghoa akan dilaksanakan pada Rabu malam (8/10).

"Pada pentas seni itu, kami akan menampilkan tari Kidang Kencanadan tari Garuda Jetayu yang dipadukan dengan kisah Ramayana dengan alunan musik khas Jawa, yaitu gamelan," katanya.

Menurut dia, pentas seni oleh tiga etnis dengan profesi yang berbeda ini bukan kali yang pertama melainkan sudah sering tampil dalam berbagai kegiatan seni.

"Meski berbeda profesi dan etnis tetapi pelaku seni itu mempunyai semangat tinggi untuk menampilkan tari-tarian yang terbaik," katanya.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Perhubungan, Pariwisata, dan Kebudayaan Kota Pekalongan, Sigit Mursito mengatakan selain pertunjukkan seni tiga etnis, pada pemeran PBN 2014 juga akan tampil puluhan pentas seni lainnya seperti tari Sufi, tari kreasi, tari Bambangan Cakil, dan keroncong.

Pada pentas seni tiga etnis ini yang akan dilaksanakan di kawasan Jalan Jetayu ini, kata dia, dijadwalkan tampil pada hari pertama pameran PBN.

"Pada pemeran PBN, kami selalu memberikan kesempatan kepada pelaku seni, khususnya daerah sendiri untuk ikut menampilkan aksi dan kreasinya. Selain demi memeriahkan even PBN, pertunjukkan seni tersebut juga sebagai upaya untuk melestarikan berbagai seni dan budaya lokal," katanya seperti dilansir dari laman antaranews.