Pengunjung Candi Borobudur; Naik Drastis

Pengunjung Candi Borobudur; Naik Drastis

Magelang, Kabarindo- Pengunjung Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) sejak pertengahan Mei 2015 naik drastis dibanding hari-hari sebelumnya.

Hal itu dipapar lugas oleh Kepala Divisi Administrasi dan Keuangan TWCB, Aryono Hendro Maliyanto.

Aryono di Magelang, Kamis, mengatakan dalam dua pekan terakhir ternyata ada perubahan jumlah kunjungan. Kunjungan wisatawan meningkat secara signifikan dari hari-hari biasa.

"Kunjungan didominasi rombongan anak sekolah, tetapi juga banyak pengunjung rombongan keluarga dari Jakarta maupun kota-kota lainnya," katanya.

Ia memperkirakan karena pada liburan yang akan datang bersamaan dengan bulan puasa maka mereka memajukan jadwal kunjungan sebelum puasa.

"Jadi bulan ini cukup lumayan jumlah pengunjung, ada kenaikan signifikan," katanya.

Ia menyebutkan pada hari-hari biasa sebelumnya pengunjung sekitar 3.000 hingga 4.000 orang per hari tetapi sejak pertengahan bulan ini pengunjung pada hari biasa mencapai 10.000 hingga 12.000 orang per hari.

Sedangkan pada akhir pekan Sabtu dan Minggu biasanya 10.000 hingga 12.000 orang, kini mencapai 20.000 hingga 30.000 orang.

"Kenaikan pengunjung ini sesuai prediksi kami, yakni pada Mei sebanyak 400.000 pengunjung," katanya.

Ia mengatakan menghadapi libur sekolah mendatang, tidak ada kegiatan tertentu di Candi Borobudur.

"Kami masih konsentrasi pada pelayanan pengunjung. Jadi sarana prasarana untuk pengunjung kami benahi baik dari area parkir, pintu masuk, toilet, dan sebagainya. Semua kami benahi untuk pelayanan pada libur Lebaran nanti," katanya seperti dilansir dari laman antaranews.